PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA DALAM PROGRAM PEMBANGUNAN DESA DI DESA MUKTIHARJO KECAMATAN MARGOREJO KABUPATEN PATI

Ikbal Sadam Tri Utomo, Sukimin Sukimin, A. Heru Nuswanto

Abstract


Pembangunan desa adalah upaya peningkatan kualitas hidup dan kehidupan untuk sebesarbesarnya kesejahteraan masyarakat Desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan alokasi dana desa dalam program pembangunan desa di Desa Muktiharjo Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian hukum nondoktrinal/empiris. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diolah dari hasil wawancara dengan narasumber dan dokumentasi. Sedangkan data sekunder diperoleh dengan bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Data dianalisis dengan metode analisa data kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pendekatan induktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembangunan di Desa Muktiharjo sudah berjalan cukup baik dan telah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Menurut Pasal 78 ayat 2 UndangUndang Nomer 6 Tahun 2014 Tentang Desa, Pembangunan Desa meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan. Faktor pendukung dalam pengelolaan Alokasi Dana Desa dalam program pembangunan desa adalah partisipasi masyarakat, transparansi, perencanaan yang baik dan sarana prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya Pendidikan dan pengetahuan, kurangnya pemantauan dan pengawasan, dan keterbatasan anggaran dana. Upaya untuk mengatasi hambatanya dengan melakukan pelatihan dan pendidikan kepada pemerintah desa dan masyarakat desa serta menjalin kerjasama dengan organisasi nirlaba, swasta atau lembaga keuangan untuk mendapatkan sumber pendanaan tambahan.


Keywords


Alokasi; Dana; Pembangunan; Desa

Full Text:

PDF

References


Kartasasmita, Ginandjar. Pembangunan Untuk Rakyat. Jakarta: PT. Pustaka Cidesindo, 1996.

Kurniawan, Borni. Desa Mandiri, Desa Membangun. Jakarta: Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, 2015.

Marzuki, Peter Mahmud, Penelitian Hukum Edisi Revisi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2017.

Nasution, Bahder Johan. Metode Penelitian Ilmu Hukum. Bandung: CV. Bandar Maju, 2008.

Nugrahani, Farida. Metode penelitian kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta: Cakra Books, 2014.

Nurholis, Hanif. Pertumbuhan dan Penyelenggaraan Pemerintah Desa. Jakarta: Erlangga, 2011.

Karimah, Faizatul, Choirul Saleh dan Ike Wanusmawatie. "Pengelolaan Alokasi Dana Desa Dalam Pemberdayaan Masyarakat (Studi Pada Desa Deket Kulon Kecamatan Deket Kabupaten

Lamongan)" Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 2, No. 4 (http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/428, diunduh 2 November 2022), 2014.

Pratama, Ari Agus. “Perencanaan dan Pelaksanaan Alokasi Dana Desa (ADD) Di Desa Pengalihan Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir Tahun 2017-1018”. JOM FISIP, Vol. 6, No. 1 (https://jnse.ejournal.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/download/25266/24480/, diunduh 29 Mei 2023), 2019.

Rudiarta, I Ketut Gede, I Wayan Arthanaya dan Luh Putu Suryani. "Pengelolaan Alokasi Dana Desa dalam Pemerintahan Desa". Jurnal Analogi Hukum, Vol. 2, No. 1

(https://www.ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/analogihukum/article/view/1619, diunduh 30 Oktober 2022), 2022.

Usman, Budiyarto, Salmin Dengo dan Very Y.Londa. “Fungsi Pengawasan Badan Permusyawaratan

Desa Dalam Pelaksanaan Pembangunan Desa Di Kecamatan Galela Kabupaten Halmahera

Utara.” Jurnal Administrasi Publik, Vol. 3, No. 41 (https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/JAP/article/view/14301/13876 , diunduh 31 Mei 2023), 2016.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomer 6 Tahun 2014 tentang

Desa

Peraturan Pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Pati Nomor 9 Tahun 2014 Tentang Alokasi Dana

Desa Sebagaimana Telah Diubah Dengan Peraturan Daerah Kabupaten Pati Nomor 12 Tahun 2019 Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Pati Nomor 9 Tahun 2014 Tentang Alokasi Dana Desa




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slr.v4i2.7459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.