PELAKSANAAN PERJANJIAN PEMBORONGAN BANGUNAN PADA PT INAMCO VARIA JASA TIMIKA

Roy Albi Winata, Zaenal Arifin, Dewi Tuti Muriyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan, hambatan dan penyelesaian sengketa pada Perjanjian pemborongan bangunan di PT Inamco Varia Jasa Timika. Pentingnya penelitian ini untuk upaya penciptaan tertib hukum Indonesia, karena dengan adanya penelitian ini dapat diketahui proses pelaksanaan perjanjian pemborongan bangunan pada PT Inamco Varia Jasa sudah sesuai prosedur yang telah ditetapkan pada Undang-undang dengan ketentuan hukum yang berlaku dan ketentuan hukum kontrak yang berlaku, sehingga dengan peneltian ini bisa menjadi acuan bagi setiap orang yang melakukan kegiatan yang berhubungan dengan perjanjian pemborongan bangunan/konstruksi. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa metode yaitu penelitian yuridis normatif dengan spesifkasi penelitian deskriptif analitis menggunakan penentuam sampel secara tidak acak, dan beberapa pengumpulan data berdasarkan data primer yaitu data yang diperoleh melalui penelitian dengan menggunakan wawancara tidak langsung dengan mengajukan kuesioner terhadap responden, dan data sekunder berupa studi kepustakaan. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif yang selanjutnya hasil pengolahan disajikan secara deskriptif analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan pelaksanaan perjanjian dibuat berdasarkan kesepakatan para pihak dengan dibuatnya surat perjanjian pemboronganan. Penyelesaian masalah tidak diselesaikan melalui pengadilan (out of law), melainkan melalui musyawarah untuk mencapai kesepakatan tetapi tetap berpedoman pada kesepakatan/kontrak yang telah disepakati.


Keywords


Jasa Konstruksi; Pelaksanaan; Pemborongan

Full Text:

PDF

References


Buku

Salim H.S. 2015. Hukum Kontrak Perjanjian. Pinjaman, dan Hibah. Jakarta : Sinar Grafika,

Sri Soedewi Masjchun Sofwan 1982, Hukum Bangunan Perjanjian Pemborongan Bangunan, Yogyakarta: Liberty

Soerjono Soekanto dan Sri Mahmudji 2003, Penelitian Hukum Normatif, Suatu Tinjauan Singkat, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Jurnal Ilmiah/Internet

Mateus Maghu Ate, Tinjauan Yuridis Tentang Perjanjian Pemborongan Bangunan Antara Pemerintah dan Swasta (E-Jurnal Universitas Atma Jaya Yogyakarta Fakultas Hukum 2017), ( http://e-journal.uajy.ac.id/12350/1/JURNAL%20HK11033.pdf ).

http://scholar.unand.ac.id/18766/13/2%29%20bab%20I%20pendahuluan.pdf

Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia, Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005-2025 ( https://www.dpr.go.id/jdih/index/id/96 )

Gapeknas. Undang-undang 2 tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi (https://gabpeknas.or.id/Berita/baca/18423570b_oVdIYdzsA4vOlR9_RUFN9uwb_CTS1Q4TEZJHLU_f038AGhS663fE23XXHAczjkKl-h19gu4LICM6wH9YwBuA~~, diunduh 4 Desember 2022), 2019

Wawancara

Adhika Dozerianto S.T sebagai penanggung jawab oprasional PT Inamco Varia Jasa Timika




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slr.v4i1.6592

Refbacks

  • There are currently no refbacks.