Penggunaan Metode Ajar Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup dalam Meningkatkan Kesadaran Lingkungan

Martika Dini Syaputri

Abstract


Kondisi lingkungan di Indonesia semakin buruk. Pihak strategis untuk dilibatkan dalam menjaga lingkungan adalah pihak sekolah, dimana mata pelajaran pendidikan lingkungan hidup sudah diberikan semenjak sekolah dasar. Namun karena penggunaan metode yang kurang tepat menjadikan tidak tercapainya capaian pembelajaran. Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan pengajaran pendidikan lingkungan hidup dengan menggunakan metode demonstrasi sehingga mampu meningkatkan kesadaran lingkungan bagi siswa. Metode pelaksanaan kegiatan ini melalui tahapan antara lain: penentuan mitra, perizinan, observasi, penyusunan program, pelaksanaan program dan pelaporan kegiatan. Berdasarkan kegiatan yang dilakukan bahwa metode demonstrasi sangat efektif dilakukan, dimana siswa lebih antusias dan bersemangat. Bahasan yang diberikan mengenai pencemaran lingkungan dan pengelolaan sampah. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa  berdasarkan hasil post test menunjukkan peningkatan pemahaman siswa terhadap pokok bahasan serta siswa mampu membuang sampah berdasarkan kriteria sampah. Metode ajar demonstrasi dapat digunakan para pendidik untuk pendidikan lingkungan hidup agar lebih bervariasi dan tidak selalu menggunakan metode ceramah.


Keywords


Demonstrasi, Metode Ajar, Pendidikan Lingkungan Hidup.

Full Text:

PDF

References


Admin. “Kelebihan Dan Kekurangan Metode Demonstrasi.” http://www.jejakpendidikan.com/2016/12/kelebihan-dan-kekurangan-metode.html, 2016.

Hasibuan, Ahmad Tarmizi, Fitria Ananda, Mawaddah, Rabitha Minfadlih Putri, and Siti Rodina Aisah Siregar. “Kreativitas Guru Menggunakan Metode Pembelajaran PKn Di SDN 010 Hutapuli.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no. 2 (2022): 9946–56. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/3997.

Istiadi, Yossa. “Pendidikan Lingkungan Hidup Terlupakan Dalam Kurikulum.” Bogor, 2000.

Muslicha, Anisa. “Metode Pengajaran Dalam Pendidikan Lingkungan Hidup Pada Siswa Sekolah Dasar (Studi Pada Sekolah Adiwiyata Di Dki Jakarta).” Jurnal Pendidikan 16, no. 2 (2015): 110–26. https://doi.org/10.33830/jp.v16i2.342.2015.

Mutiani, Mutiani. “IPS Dan Pendidikan Lingkungan: Urgensi Pengembangan Sikap Kesadaran Lingkungan Peserta Didik.” SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal 4, no. 1 (2017): 45–53. https://doi.org/10.15408/sd.v4i1.5718.

Sekarwinahyu, Mestika. “Sejarah Dan Konsep Dasar Pendidikan Lingkungan Hidup.” Pendidikan Lingkungan Hidup, 2019. http://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/PEBI4223-M1.pdf.

Siskayanti, Juni, and Ika Chastanti. “Analisis Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 2 (2022): 1508–16. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2151.

Widaningsih, Lilis. “Pendidikan Lingkungan Hidup: Membelajarkan Anak Pada Kearipan Alam.” Jurnal Pendidikan Lingkungan Hidup 1, no. 3 (2009): 1–8.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/kdrkm.v4i2.8082

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Alamat Redaksi:

KADARKUM | Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat  

Fakultas Hukum - Universitas Semarang

Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.


Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.