PENERAPAN METODE PROFILE MATCHING UNTUK MANAJEMEN EVALUASI TUMBUH KEMBANG ANAK

Sasono Wibowo, Aries Setiawan, Aris puji Purwatiningsih, Retno Astuti Setijaningsih, Ayu Ashari, Andi Hallang Lewa, Faik Agiwahyuanto

Abstract


Evaluasi tumbuh kembang pada anak penting dilakukan agar apabila terjadi penyimpangan pertumbuhan dapat segera dilakukan intervensi sejak awal sehingga dapat meminimalisir kelainan yang mungkin terjadi. Pada anak usia dini perlu dilakukan evaluasi setiap bulan yaitu untuk anak usia 12-72 bulan dan enam bulan sekali untuk anak usia 12-72 bulan. Dalam pelayanan kesehatan berfungsi untuk mengevaluasi tingkat kesehatan anak, namun untuk evaluasi anak di sekolah berguna untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan komponen tumbuh kembang aspek kognitif, afektif, psikomotorik. Beberapa cara yang digunakan untuk mengevaluasi adalah dengan tes, pengukuran dan penilaian. Pengukuran sering digunakan untuk menilai jenis nilai sikap (afektif), misalnya kesediaan untuk berbagi dengan sesama teman. Evaluasi dalam bentuk tes digunakan untuk tipe kognitif dan penilaiannya lebih pada evaluasi tipe psikomotorik. Metode yang digunakan adalah profile matching

Keywords


Profile matching, Manajemen, evaluasi, tumbuh kembang, anak

References


D. R. Nabella Nur, "Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Evaluasi Program Deteksi Dini Tumbuh Kembang Balita Di Taman Posyandu Puskesmas Lamongan," Jurnal Kesehatan Masyarakat, vol. 6, pp. 724-733, 2018.

F. Akbar, "Deteksi Dini Tumbuh Kembang Balita di Posyandu," Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, pp. 1003-1008, 2020.

D. M. Inggriani, "Deteksi dini tumbuh kembang anak usia 0," Wellness and Healthy Magazine, vol. 1, pp. 115-124, 2019.

R. D. Sanitasari, "Sistem Monitoring Tumbuh Kembang Anak usia 0-5 Tahun Berbasis Android (Studi Kasus : PUSKESMAS BEringin Raya Kota Bengkulu)," Jurnal Rekursif, vol. 5, pp. 1-10, 2017.

I. S. Muflihah, "Efektifitas Pelatihan Deteksi Dini Tumbuh Kembang Sesuai Tahapan Usia".

F. S. "Penerapan Metode Profile Matching Untuk Pencarian Siswa Penerima Beasiswa Kurang Mampu Dan Berprestasi," p. ( Studi Kasus : Smk Negeri 2 Palembang ), 2019.

I. N. Farida, "Implementasi Metode Profile Matching Untuk Evaluasi Potensi Akademik Penjurusan Siswa MAN 2 Kota Kediri," Jurnal Infotel, vol. 8, pp. 156-163, 2016.

S. N. Azizah, "Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerimaan Anak Asuh UPT PSAA Trenggalek Asrama Kediri Menggunakan Metode Profile PSAA Trenggalek Asrama Kediri Menggunakan Metode Profile PSAA Trenggalek Asrama Kediri Menggunakan Metode Profile Matching," Seminar Nasional Inovasi Teknologi, pp. 59-64, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/transformatika.v21i2.6939

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


| View My Stats |

Jurnal Transformatika : Journal Information Technology  by  Department of Information Technology, Faculty of Information Technology and Communication, Semarang University  is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.