APLIKASI MOBILE AUGMENTED REALITY BERBASIS VUFORIA DAN UNITY PADA PENGENALAN OBJEK 3D DENGAN STUDI KASUS GEDUNG M UNIVERSITAS SEMARANG
Abstract
Realitas tertambah, atau kadang dikenal dengan singkatan bahasa Inggrisnya AR (augmented reality), adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, realitas tertambah sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan.
Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem waterfall, dimana alur penelitian akan mengikuti fase fase yang ada di waterfall. Aplikasi ini akan dibangun dengan menggunakan Unity3D dan Vuforia.
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan suatu aplikasi bantu pembelajaran untuk memudahkan mahasiswa dalam memahami materi augmented reality melalui perangkat mobile. Sehingga mahasiswa juga dapat memahami bagaimana mobile augmented reality dapat membantu mahasiswa melihat secara nyata objek 3D secara interaktif.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Azhar, Nur Fajri.2011 Pemanfaatan Augmented Reality untuk Game Ranger Target FPS Berbasis Android Menggunakan Unity 3D dan Vuforia SDK . Fakultas Teknologi Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Ben, Butchart, 2011. Augmented Reality for Smartphones , Apress,
Cawood, Stephen. Fiala, Mark. 2008 Augmented Reality A Practical Guide . Apress.
DOI: http://dx.doi.org/10.26623/transformatika.v14i2.442
Refbacks
- There are currently no refbacks.
| View My Stats |
Jurnal Transformatika : Journal Information Technology by Department of Information Technology, Faculty of Information Technology and Communication, Semarang University is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.