IMPLEMENTASI KLASIFIKASI BAYESIAN UNTUK STRATEGI MENYERANG JARAK DEKAT PADA NPC (NON PLAYER CHARACTER)MENGGUNAKAN UNITY 3D
DOI:
https://doi.org/10.26623/transformatika.v13i2.139Keywords:
game, klasifikasi, naive, bayes, strategi, menyerang, fpsAbstract
Abstract €”Dalam sebuah game strategi penyerangan untuk melawan musuh harus diterapkan, sehingga lebih menarik pemain game untuk menyelesaikan permainan sampai dengan tujuan yang akan dicapai. Penelitian ini membahas tentang strategi menyerang jarak dekat untuk NPC (Non Player Character). Dalam sebuah game khususnya untuk game FPS (First Person Shooter), dibutuhkan suatu strategi NPC, dengan tujuan untuk membuat game menjadi lebih atraktif dan realistik. Strategi menyerang dalam penelitian ini adalah membagi beberapa perilaku penyerangan NPC ketika berada pada posisi paling dekat dengan musuh. Penelitian ini menerapkan algoritma bayesian untuk klasifikasi perilaku penyerangan NPC tersebut. Klasifikasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan strategi menyerang melawan musuh. Klasifikasi penyerangan NPC dibiagi menjadi dua perilaku penyerangan yaitu perilaku memukul dan perilaku menggigit. Sedangkan untuk variabel yang digunakan dalam klasifikasi bayesian adalah health point, attack point player dan jarak yang diperoleh dari kondisi NPC. Dari hasil pengujian metode klasifikasi bayesian menggunakan pengujian confusion matrix, dengan percobaan permainan sebanyak 10 kali, telah menghasilkan presentasi tingkat akurasi pada confusion matrix mencapai nilai persentase sebesar 80 %. Hal ini membubktikan bahwa klasifikasi perilaku penyerangan jarak dekat dengan metode klasifikasi bayesian dapat diterapkan dengan hasil yang baik.References
JinHyuk Hong dan Sung-Bae Cho. Evolving Reactive NPCs for the Real-Time Simulation Game . CIG, 2005.
Yunifa Miftachul Arif, Fachrul Kurniawan dan Fresy Nugroho. Desain Perubahan Perilaku pada NPC Game Menggunakan Logika Fuzzy . National Seminar on Electrical, Informatics, and Its Education, 2011.
Yunifa Miftachul Arif, Mochamad Hariadi dan Supeno Mardi S.N. Strategi Menyerang pada Game FPS Menggunakan Hierarchy Finite Machine dan Logika Fuzzy . 2012
Rianto dan Noorman. Optimasi Strategi Menyerang NPC Group Pada Game Pertarungan Jarak Dekat Dengan Menggunakan Simmulated Annealing . Institud Teknologi Surabaya. 2012
McPartland M,and Gallagher M. Creating a Multi-Purpose First Person Shooter Bot With Reinforcement Learning . IEEE Symposium on Computational Intelligence and Games, pp. 143-150,2008.
Yunifa Miftachul Arif, Moch.Hariadi, Supeno M. Integrasi Hierarchy Finite State Machine Dan Logika Fuzzy Untuk Desain Strategi NPC Game . Jurusan Teknik Elektro. Institud Teknologi Surabaya. 2011
Adams, E. (2010). Fundamental Of Game Design, 2nd Edition. Pearson Education, Inc, Berkeley.
D.L. Olson and D. Delen. Advanced data mining
techniques . Springer Verlag. ISBN3540769161. 2008
Siti Asmiatun, Latius Hermawan dan Tri Daryanti. Strategi Menyerang Jarak Dekat Menggunakan Klasifikasi Bayesian Pada NPC (Non Player Character) . Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi Terapan. ISBN979-26-0266-6. 2013
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Transformatika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.