PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN STATISTIKA DAN PROBABILITAS BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN HYBRID

Dinar Anggit Wicaksana, Charis Maulana, Krida Pandu Gunata

Abstract


Pada masa new normal membuat pembelajaran hybrid menjadi salah satu yang wajib dimanfaatkan dalam melakukan transfer ilmu pengetahuan kepada mahasiswa. Berdasarkan hasil ujian statistika dan probabilitas semester genap tahun 2023 menunjukkan bahwa 55% mahasiswa menerima nilai cukup (C). Mahasiswa masih kesulitan dalam menganalisis uji hipotesis, analisis regresi dan korelasi. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk media pembelajaran statistika berbasis android yang dapat mendukung pembelajaran hybrid. Jenis penelitian ini adalah model Research and Development. Produk divalidasi oleh dua ahli yaitu ahli materi dan ahli media pembelajaran. Instrumen yang digunakan berupa angket dengan menggunakan skala likert. Diperoleh hasil validasi untuk produk media pembelajaran statistika mahasiswa teknik informatika universitas semarang adalah sebesar 3,35 dengan kategori sangat valid.

Keywords


Media Pembelajaran, Android, Hybrid, Statistika dan Probabilitas



DOI: http://dx.doi.org/10.26623/transformatika.v22i1.10230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


| View My Stats |

Jurnal Transformatika : Journal Information Technology  by  Department of Information Technology, Faculty of Information Technology and Communication, Semarang University  is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.