KUALITAS MINYAK JELANTAH HASIL PEMURNIAN MENGGUNAKAN VARIASI ABSORBEN DITINJAU DARI SIFAT KIMIA MINYAK

HRA Mulyani, Agus Sujarwanta

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat variasi adsorben terbaik (ampas kelapa, ampas tebu dan jerami) yang dapat digunakan untuk memurnikan minyak jelantah. Dalam sebuah penelitian eksperimental pemurnian minyak jelantah dengan menggunakan beberapa adsorben yang mengandung selulosa akan mendapatkan perbedaan dalam  hasil data yang terkait dengan karakterisasi kimia. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Politeknik Negeri Lampung, yaitu analisis sifat kimia minyak. Metode penelitian terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap persiapan, tahap implementasi dan tahap pengolahan data. Dalam meneliti pemurnian minyak goreng limbah menggunakan variasi sifat kimia adsorben meliputi: kadar air, bilangan penyabunan, bilangan peroksida, bilangan iodium dan asam lemak bebas (ALB). Sifat kimia dari minyak dalam penelitian ini yang menghasilkan kualitas kadar air, asam lemak bebas, bilangan Peroksida, bilangan iodium adalah adsorben tunggal: ampas kelapa, dengan kata lain bahwa adsorben ampas kelapa memberikan perubahan positif untuk kualitas peningkatan pada pemurnian minyak jelantah.


Keywords


Minyak jelantah; Pemurnian minyak; Variasi adsorben

Full Text:

XML

References


Aji, D.W.dan M. N. Hidayat. 2011.Optimalisasi Pencampuran Carbon Active dan Bentonit Sebagai Adsorben dalam Penurunan Kadar FFA (Free Fatty Acid) Minyak Goreng Bekas Melalui Proses Adsorbsi.Jurnal Universitas Diponegoro. Vol (no):hal-hal.

Buckle, K.A., R.A. Edward, G.H. Fleet dan M. Wootton. 2009. Food Science. Terjemahan (Hari Purnomo danAdiono), UI Press, Jakarta.

Pakpahan, J.F., T. Tambunan, A. Harimby dan M.Y. Ritonga. 2013. Pengurangan FFA dan Warna dari Minyak Jelantah dengan Adsorben Serabut Kelapa dan Jerami.Jurnal Teknik Kimia; 2(1):31-36.

Poejiadi, Anna. 1999. Dasar-Dasar Biokimia. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia Press, Jakarta.

Rahayu, L.H., Purnavita, S., dan Sriyana, H. 2014.Potensi Sabut dan TempurungKelapa sebagai Adsorben untuk Meregenerasi Minyak Jelantah. Jurnal Momentum, 10(1): 47-53.

Ramdja, A.F., L. Febrina dan D. Krisdianto. 2010. Pemurnian Minyak Jelantah Menggunakan Ampas Tebu Sebagai Adsorben. Jurnal Teknik Kimia, 17(1):-

Suprayono, S., 1994.Padi. PenebarSwadaya,Jakarta.

S. Ketaren. 1986. Pengantar Teknologi Minyak dan Lemak Pangan.UI-Press, Jakarta.

Winarno, F.G. 1992. Kimia Pangan danGizi.GramediaPustaka Utama, Jakarta.

Yutinah dan Hartini. 2011. Adsorpsi Minyak Goreng Bekas Menggunakan Arang Aktif dari Serabut Kelapa. Prosiding Seminar Nasional Teknik Kimia Kejuangan, ISSN 1693-2393.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jtphp.v12i2.1757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Published :

Faculty of Agricultural Technology, Universitas Semarang

Jl.Soekarno-Hatta, Tologosari, Semarang, Indonesia, Telp: 024-6702757, Fax: 024-6702272, e_mail : jurnal_tphp@usm.ac.id.

Creative Commons License
This is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.