EFEKTIVITAS PELAKSANAAN REFORMASI PERPAJAKAN

Oxy Mahendra Prabowo, Indarto Indarto

Abstract


Direktorat Jenderal Pajak telah melakukan perubahan yang bersifat menyeluruh dan komprehensif di segala bidang. Salah satunya melalui pelaksanaan reformasi perpajakan dengan pembentukan kantor yang menerapkan sistem administrasi perpajakan modern dengan didukung teknologi informasi terkini. Perubahan organisasi ini diharapkan akan meningkatkan kinerja pegawai serta meningkatkan profesionalisme dan integritas pegawai agar mampu memberikan pelayanan yang prima yang berorientasi pada kepuasan wajib pajak sehingga dapat mempermudah dan membantu wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakannya. Penelitian ini difokuskan untuk meneliti efektivitas pelaksanaan reformasi perpajakan di Lingkungan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Demak.

Narasumber dalam penelitian ini adalah pegawai dan wajib pajak di lingkungan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Demak, serta Anggota Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian, memperlihatkan bahwa pelaksanaan Reformasi Perpajakan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Demak sudah berjalan dengan baik. Melalui upaya-upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia, manajemen sistem informasi terpadu, dan edukasi kepada wajib pajak yang berkesinambungan diharapkan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Demak dapat meningkatkan kinerja dalam rangka pencapaian kepatuhan dan penerimaan pajak yang optimal.

 

The Directorate General of Taxation has made changes that are comprehensive and comprehensive in all fields. One of them is through the implementation of tax reform with the establishment of an office that implements a modern tax administration system supported by the latest information technology. This organizational change is expected to improve employee performance and improve the professionalism and integrity of employees in order to be able to provide excellent service oriented to the satisfaction of taxpayers so as to facilitate and assist taxpayers in fulfilling their tax obligations. This study focused on examining the effectiveness of the implementation of tax reform in the Demak Primary Tax Office.

The interviewees in this study were employees and taxpayers in the Demak Primary Tax Office, as well as Commission XI Member of the People s Representative Council of the Republic of Indonesia. Based on the results of the study, it was shown that the implementation of Tax Reform in the Demak Primary Tax Office had gone well. Through efforts to improve the quality of human resources, integrated information system management, and education to sustainable taxpayers, it is expected that the Primary Demak Tax Service Office can improve performance in order to achieve optimal compliance and tax revenue


Keywords


Tax Reformation; human resources; information system; organizational performance

Full Text:

PDF

References


Alwasilah, A. Chaedar. 2003. Pokoknya Kualitatif: Dasar-dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.

Basuki, Sulistyo. 2010. Metode Penelitian. Jakarta: Penaku.

Brondolo, Jhon, Carlos Silvani, Eric Le Borgne, and Frank Bosch. 2008. Tax Administration Reform and Fiscal Adjustment: The Case of Indonesia (2001-07). Journal of Economics.

Creswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Deni, Kusuma. Adi. 2015. Performance Measurement In Indonesia s Tax Agency. Tesis Magister Ekonomi, Program Pascasarjana, Universitas Gajah Mada.

Fuadi, Afian. 2013. Analisis Pengelolaan Kinerja Organisasi Sektor Publik Berbasis Balanced Scorecard (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Madya Malang). Universitas Brawijaya.

Keban, T. Yeremias. 2004. Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik, Konsep, Teori dan Isu. Yogyakarta: Gava Media.

kemenkeu.go.id/apbn2017 diakses tanggal 5 Desember 2017

kemendagri.go.id/pages/profil-daerah/kabupaten/id/33/name/jawa-tengah/detail /3321/demak diakses tanggal 25 Juni 2018

Keputusan Menteri Keuangan Nomor KMK-885/KMK.03/2016 tentang Pembentukan Tim Reformasi Perpajakan (Tim Reformasi). 2016. Jakarta: Direktorat Jenderal Pajak.

Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muallidin, Isnaini. 2011. Kebijakan Reorganisasi Perizinan Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Kota Yogyakarta. Jurnal Studi Pemerintahan Vol 2 No.2. Hal 398-423.

Mullins, Laurier J. 2005. Management and Organizational Bahavior. Prentice Hall: Edinburg Gate Harlow.

Munandar AS. 2001. Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Nasucha, Chaizi. 2005. Reformasi Administrasi Publik, Teori dan Praktik. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Pandiangan, Liberti. 2008. Modernisasi dan Reformasi Pelayanan Perpajakan, Jakarta: PT.Gramedia.

pajak.go.id/reformasi-pajak diakses tanggal 5 Desember 2017

pajak.go.id/content/reformasi-pajak-rakyat-dapat-apa diakses tanggal 5 Desember 2017

Pranoto, Ayub. 2016. Reformasi Birokrasi Perpajakan Sebagai Usaha Peningkatan Pendapatan Negara Dari Sektor Pajak. Jurnal Yustisia, Vol. 5 No. 2. Hal 395-414.

Prawirodidirdjo, Suharto. Arto. 2007. Analisis Pengaruh Perubahan Organisasi dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan dan Kinerja Pegawai Direktorat Jenderal Pajak (Penelitian pada Kantor Pelayanan Pajak Berbasis Administrasi Modern di Lingkungan Kantor Wilayah Jakarta Khusus). Tesis Magister Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Diponegoro.

Rahardjo, Mudjia. 2017. Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif : Konsep dan Prosedurnya. Program Pascasarjana, Universitas Ilam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Ria, Damai. Mai. 2016. Analisis Pengaruh Reformasi Birokrasi Terhadap Kinerja Pemerintah Daerah (Studi Kasus Pemerintah Provinsi Jawa Barat). Tesis Magister Sains, Sekolah Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor.

Richard, Bird., and Oliver Oldman. 1964. Reading On Taxation In Developing Countries. Baltimore: The Johns Hopkins Press.

Robbins, Stephen P. A. Judge, Timothy. 2008. Perilaku Organisasi. Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.

Sari, Diana. 2013. Konsep Dasar Perpajakan. Bandung: PT. Refika Adimata.

setkab.go.id/menkeu-bentuk-tim-reformasi-perpajakan-dan-tim-penguatan-reformasi-kepabeanan-dan-cukai diakses tanggal 5 Desember 2017

student.cnnindonesia.com/edukasi/20180116113609-445-269220/mengintip-reformasi-perpajakan-2016-2020/

Suandy, Erly. 2002. Hukum Pajak. Edisi Kedua (Revisi). Jakarta: Salemba Empat.

Sudjarwo dan Basrowi. 2009. Manajemen Penelitian Sosial. Bandung: CV. Mandar Maju.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistiyono. 2012. Model Peningkatan Kepatuhan Pajak di Kabupaten Demak. Tesis Magister Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Islam Sultan Agung.

Sumardjito, Herry. 2012. Efektivitas Pelaksanaan Kebijakan Reformasi Perpajakan (Studi Kasus pada Kantor Wilayah DJP Jakarta Khusus). Kajian Ekonomi dan Keuangan. Vol 16 No.1. Hal 17-36.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2009 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan. 2009. Jakarta: Direktorat Jenderal Pajak




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jreb.v11i3.1144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor's Address :
Gedung O  Magister Management Program of Universitas Semarang.
Jl.Soekarno-Hatta, Tlogosari. Semarang, Jawa-Tengah,  Telp: 024-6702757; Fax: 024-6702272,  e_mail: jreb@usm.ac.id
 
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.