KEUNGGULAN BERSAING : BERPENGARUH TERHADAP KINERJA PEMASARAN (STUDI PADA UMKM MAKANAN DAN MINUMAN DI KABUPATEN KENDAL)

Delta Lexi Arbawa, Paulus Wardoyo

Abstract


Permasalahan penelitian yang diusung dalam penelitian ini adalah adanya kontroversi hasil penelitian tentang pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan dan orientasi belajar terhadap kenerja pemasaran sehingga ditambahkannya variabel keunggulan bersaing untuk menjembatani gap tersebut. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan dan orientasi belajar terhadap keunggulan bersaing dan   menganalisis pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, orientasi belajar dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengusaha UMKM makanan dan minuman yang berada di 6 kecamatan Kabupaten Kendal yang berjumlah 485 pengusaha UMKM. Sampel yang dipergunakan dalam penelitian ini yaitu 122 responden, dengan alat analisis path analisis.

Hasil dari penelitian ini Orentasi pasar berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing. Orientasi kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing. Orientasi pembelajaran tidak berpengaruh terhadap keunggulan bersaing. Orentasi pasar tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran. Orientasi kewirausahaan tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran. Orientasi pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Keunggulan bersaing berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran.

 

The research problem that was carried out in this study was the controversy of research results on the effect of market orientation, entrepreneurial orientation and learning orientation on marketing performance so that the addition of competitive advantage variables to bridge the gap. The purpose of this study is to analyze the effect of market orientation, entrepreneurial orientation and learning orientation on competitive advantage and analyze the influence of market orientation, entrepreneurial orientation, learning orientation and competitive advantage on marketing performance.

The population in this study were all food and beverage MSME entrepreneurs in 6 districts of Kendal Regency, totaling 485 MSME entrepreneurs. The sample used in this study is 122 respondents, with a path analysis analysis tool.

The results of this study Market orientation has a significant effect on competitive advantage. Entrepreneurial orientation has a significant effect on competitive advantage. Learning orientation does not affect competitive advantage. Market orientation does not affect marketing performance. Entrepreneurial orientation does not affect marketing performance. Learning orientation has a significant effect on marketing performance. Competitive advantages have a significant effect on marketing performance.


Keywords


orientasipasar, orientasikewirausahaan, orientasibelajar; keunggulanbersaing; kinerjapemasaran

Full Text:

PDF

References


Ali, Rizwan et. al., 2016. The impact of technology orientation and Customer orientation on firm Performance: evidence form chinese firms. International Journal of Management and Marketing Research, Vol. 9, No. 1, pp. 1-11, ISSN : 1931-0269 (Print), ISSN : 2157-0698 (online).

Asashi, Tesa et. al., 2017. Peran Inovasi Produk Dalam Memediasi Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No. 4, 1816-1845, ISSN: 2302-8912.

Asikhia, Olalekan. 2010. Customer Orientation and Firm Performance among Nigerian Small and Medium Scale Businesses. International Journal of Marketing Studies, Vol. 2, No. 1, May.

Augusty Ferdinand, 2000. Structural Equation Modelling dalam Penelitian Manajemen. Universitas Dipenogoro, Semarang.

Augusty Ferdinand, 2002. Kualitas Strategi Pemasaran: Sebuah Strategi Pendahuluan , Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol. I, No.1, (Mei), p.107-119.

Augusty Ferdinand, 2013. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Augusty Ferdinand, 2014. Metode Penelitian Manajemen, Semarang, Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Bagas Prakosa, dkk., 2005. Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, dan Orientasi Pembelajaran terhadap kinerja Perusahaan untuk Mencapai Keunggulan Bersaing. Ekonomi Bisnis (EKOBIS), Vol. 6, No. 2, pp.181-198.

Bakti, Sukma, dan Harniza Harun, 2011. Pengaruh Orientasi Pasar dan Nilai Pelanggan Terhadap Kinerja Pemasaran Maskapai Penerbangan Lion Air. Jurnal Manajemen Pemasaran Modern, Vol. 3, No. 1, ISSN 2085-0972.

Dian, Jessika Winata dan Devie. 2013. Analisa Pengaruh Aliansi Stratejik Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Perusahaan. Business Accounting Review, Vol. 1.

Ghozali, Imam. 2014. Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). Edisi 4. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hatta, Iha Haryani. 2015. Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Kapabilitas Pemasaran dan Kinerja Pemasaran. Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM), Vol. 13, No. 4, Desember, ISSN: 1693-5241.

Hussain. 2018. Learning orientation and Performance: the interaction Effect of entrepreneurial Orientation.Pakistan BusinessReview Januari 2018. 960-977

Julian, Craig C., 2010. The market orientation-marketing performance relationship the empirical link in international joint ventures. International Journal of Trade and Global Markets, vol. 3, no. 4, pp. 414-431

Iskandar. 2018. Kinerja pemasaran Pada UKM mebel di kabupaten Kuningan. Jurnal Equilibrium. Vol.15, Januari - Juni 2018 Hal : 64-74

Lapian, Adelina Agnes et. al., 2016. Pengaruh orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Pada PT. BPR Prisma Dana Amurang. Jurnal EMBA, Vol. 4, No. 1, Maret, Hal. 1330-1339, ISSN 2303-1174.

Lee, C.K., Song, H.J., Lee, H.M., Lee, S., and Bernhard, B.J., 2013. The impact of CSR on casino employees organizational trust, job satisfaction, and customer orientation: An empirical examination of responsible gambling strategies. International Journal of Hospitality Management, 33, pp: 406- 415.

Liu, H., Ke, Weiling., Wei, K.K., and Hua Zhongsheng. 2013. Effect of Supply Chain Integration and Market Orientation on Firm Performance: Evidence from China. International Journal of Operations & Production Management, 33 (3), pp: 322-346.

Lukiastuti, Fitri. 2012. Pengaruh Orientasi Wirausaha dan Kapabilitas Jejaring Usaha Terhadap Peningkatan Kinerja UKM dengan Komitmen Perilaku Sebagai Variabel Interviening (Studi Empiris pada Sentra UKM Batik di Sragen, Jawa Tengah). Jurnal Organisasi dan Manajemen, Volume 8, Nomor 2, September, 155-175.

Mardiyono, Aris. 2014. Pengaruh Orientasi Pasar, Pembelajaran Organisasi Terhadap Keunggulan Bersaing dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran. serat Acitya-Jurnal Ilmiah, UNTAG Semarang.

Maslucha Nur aini dan Sanaji. 2013. Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Inovasi. Jurnal Ilmu Manajemen, 1 (4), h: 1-12.

Mulyani, Ida Tri. 2015. Upaya Meningkatkan Kinerja Pemasaran Melalui Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan dengan Inovasi sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kota Semarang). Tesis Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Diponegoro, Semarang.

Nasution, Aulia Arief. 2014. Analisis Kinerja Pemasaran PT Alfa Scorpii Medan. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 1 (1), h: 1-14.

Nwokah, N. Gladson., 2009. Focus, Competitor-Focus and Marketing Performance, Measuring Business Excellence, Vol. 13 Iss 3 pp. 20 28. DOI 10.1108/13683040910984293.

Pelham, A. M & Wilson. 1997. Mddiating Influences on the Relationsship Between Market Orientation And Profitability In Small Industrial Firms. Journal Of Marketing Theori And Practice 5:3, 55-76.

Penrose, E. T., 1959. The Theory of the Growth of the Firm. New York: John Wiley.

Pertiwi, Yunita Dwi et. al., 2015. Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Kripik Buah di Kota Batu. Syariah Paper Accounting FEB UMS, ISSN 2460-0784.

Porter, M., 2001. Strategy and the Internet. Harvard Business Review, pp. 62-78.

Prakosa, Bagas. 2005. Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Dan Orientasi Pembelajaran Terhadap KinerjaPerusahaan Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing (Studi Empiris Pada Industri Manufaktur Di Semarang), Journal Studi Manajemen & Organisasi, Vol. 2, No.1.

Pramesti, Ni Made Vera. 2016. Peran Orientasi Pasar Memediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja UKM Industri Kerajinan Kain Endek (Studi di Kabupaten Klungkung). E-Jurnal Manajemen Unud, 5 (9), h: 5754-5782.

Protcko, Ekaterina (Rusia) dan Utz Domberger (Germany). 2014. The impact of market orientation on business performance the case of Tatarstan knowledge-intensive companies (Russia). Problems and Perspective in Management, Volume 12, Issue 4.

Puspitasari, Ratih Hesty Utami. 2015. Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran Perusahaan Mebel Jepara. Prosiding Seminar Nasional Kebangkitan Teknologi, Universitas Muria Kudus.

Rita, Indah Mustikowati. 2014. Orientasi Kewirausahaan, Inovasi, dan Strategi Bisnis Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan (Studi Pada UKM Sentra Kabupaten Malang). MODERNISASI, Volume 10, Nomor 1, Februari.

Rodriguez, A. L. L., and Morant, G. A. 2016. Linking Market Orientation, Innovation and Performance: An Empirical Study on Small Industrial Enterprises in Spain. Journal of Small Business Strategy, 26 (1), pp: 37-50.

Rong, F., Chang, E., Ou, C.C., and Chou, C.H. 2014. Internal Market Orientation, Market Capabilities and Learning Orientation Perfect Translation & Compunet. Taichung, Taiwan, and European Journal of Marketing, 48 (1), pp: 170-192.

Sismantono, A. 2006. Analisis Pengaruh Orientasi Pembelajaran, Orientasi Pasar, dan Inovasi Terhadap Keungggulan Bersaing Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran (Studi Empiris Pada Industri Kecil dan Menengah Produk Makanan di Propinsi Bengkulu. Tesis. Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro, Semarang.

Sugiyono. 2012. Metodologi Penelitian Bisnis, Cetakan 16. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Susanto, Perengki. 2012. Pengaruh Orientasi Pasar Pada Kinerja Perusahaan Kecil. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, Volume 1, Nomor 2, September, hlm 45-62.

Susilowati, Enny M., 2014. Model Pengembangan Jejaring Wirausaha Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Perekonomian Unit Usaha Kecil Dan Menengah Di Semarang. Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Tajeddini, Kayhan, Ulf Elg and Pervez N. Ghauri. 2017. Enhancing Organizational Performance Of International Smes Through Inter-Firm Marketing Collaborations. Emerald Group Publishing Limited, International Marketing in the Fast Changing World Advances in International Marketing, Volume 26, 109-133. ISSN:1474-7979.

Taleghani, Mohammad., Gilaninia, Shahram., and Talab, Sahar Matloub. 2013. Relationship between Market Orientation Culture and Business Performance. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research Business, 5 (1), pp: 949-954.

Theodosiou, M., Kehagias J., Katsikea E., 2012. Strategic Orientations, Marketing Capabilities and Firm Performance : An Empirical Investigation in The Context of Frontline Manager in Service Organizations. Industrial Marketing Management. 41 (7), pp: 1058-1070.

Tsiotsou, R.H., and Vlachopoulou, M., 2011. Understanding the effects of market orientation and emarketing on service performance. Marketing Intelligence & Planning, 29 (2), pp: 141-155.

Uncles, Mark. 2000. Market Orientation. Australian Journal of Management. Vol. 25, No. 2.

Wardoyo, Paulus. 2011. Analisis Orientasi Belajar : Pengaruhnya Terhadap Kinerja Tenaga Penjualan Melalui Perilaku Menjual Yang Santun (Studi Empiris di Bank Perkreditan Rakyat Anggota Perbarindo Jawa Tengah). Disertasi. Program pascasarjana universitas diponegoro Program studi doktor ilmu ekonomi

Wardoyo, Paulus., Rusdianti, Endang., Purwantini, Sri. 2015. Pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap strategi usaha dan kinerja bisnis UMKM di desa Ujung-Ujung, Kec. Pabelan, Kab Semarang

Widiartanto dan Suhadak. 2013. The Effect of Transformational Leadership on Market Orientation, Learning Orientation, Organization Innovation and Organization Performance (Study on Star-Rated Hotels in Central Java Province, Indonesia). IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM). e-ISSN: 2278-487X, p-ISSN: 2319-7668. Volume 12, Issue 6 (Sep. - Oct. 2013), PP 08-18

Wiklund, J. & Shepherd, D., 2003. Knowledge-Based Resources, Entrepreneurial Orientation, and the Performance of Small and Medium-Sized Businesses. Strategic Management Journal, 24, 1307-1314.

Wiklund, J., dan Shepherd, D., 2003. Knowledge-based resources, entrepreneurial orientation, and the performance of small and medium sized business. Strategic Management Journal, 24, 1307-1314.

Wiwoho, Gunarso. 2014. Analisis Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Pembelajaran Terhadap Inovasi Produk, dan Kinerja Pemasaran (Studi pada Sentra Industri Kecil Rumah Tangga Kerajinan Anyaman Pandan di Desa Grenggeng Kecamatan Karanganyar Kabupaten Kebumen).

Wulandari, Agesti. 2012. Pengaruh Orientasi Pelanggan, Orientasi Pesaing dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran. Management Analysis Journal (MAJ), 1 (2), ISSN 2252-6552.

Zhang, David D. Edward Bruning. 2011. Personal Characteristics and Strategic Orientation: Entrepreneurs in Canadia Manufacturing Companies. International Journal of Entrepreneurial Behavior and Research, 17 (1), pp: 82-103.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jreb.v11i1.1077

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor's Address :
Gedung O  Magister Management Program of Universitas Semarang.
Jl.Soekarno-Hatta, Tlogosari. Semarang, Jawa-Tengah,  Telp: 024-6702757; Fax: 024-6702272,  e_mail: jreb@usm.ac.id
 
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.