Analisis Pelaksanaan Pertimbangan Pemberian Remisi Khusus Terhadap Warga Binaan Tindak Pidana Pencurian Dengan Kekerasan Pada Hari Raya Idul Fitri (Studi Di: Lapas Klas: Iia Kotabumi)

Hasanuddin Udin

Abstract


Remishi Kusus Yang Diberikan pada HARI RAYA AIDUL FITERI kepada-warga-binaan merupakan salah satu hak Warga. Binaan . Penelitian=memakai Pendekatan yuridis5normatif dan pendekatn.yuridish;impiris. Pengumpulan data dengan studi lapangan dan studi pustaka. Analiesis,data dipakai.bersama yuridies.kualitif adalah analis;yang dikerjakan-secara/deskerisi. Hasil penelitian membahas pertimbangan Perolehan Remiesi Kuhusus Kepada Napi pemasyarakatan Pelaku Pidana  pencurian dengan Kekerasan Pada HARI RAYA AIDUL FITERI”Di LAPAS Klas IIa kotabumi melalui beberapa tahapan yang meliputi prosedur:pemberian.remisi Diusulkan:ke MENTRI Hokum dan HAK ASASI MANUSIA oleh Kalapas kelas IIA Kota Bumi melalui Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hokum dan HAM. Keputusan Mentri Hokum dan HAM yaitu remishi diberitahukan kepada warga binaan  perhitungan waktu pemberian:remisi:menurut ketentuan:PASAL 5 Ayat 2 (1):Keptusan:Peresiden nomor.174.Tahn-1999 tentang:Remeisi. Hambatan-hambatan dalam pemberian remisi khusus idul fitri Kepada WARGA BINAAN yaitu tindakan pidana pencurian dengan kekerasan DI lembaga pemasayarakatan Klas IIA kotabumi yaitu berupa faktor yuridish, faktor kelembagaan dan sumber daya manusia, paktor sarana dan perasarana, paktor dari prilaku warga binaan dan paktor budaya/kultural.


Keywords


Kotabumi; Lembaga Pemasyarakatan; Remisi; Warga Binaan

Full Text:

PDF

References


Lawrnce M. Friedman. (2011). Teori-Teori Hukum Klasik Dan Kontemporer. Jakarta : Ghalia Indonesia

Sudkno Mertokuesuomo. (2002). Mengenl Hokum, Suat Pengantr. Jogyakarta : Penerbt Libety

Lintje Anna Marpaung Dan Anggalana. (2013). Pengantar Hukum Indonesia. Bandar Lampung : Anugerah Utama Raharja (AURA)

Departemn Penddikan Dan Kebudayan. (2000). Kamus Besar Baahasa Indonesiia. Djakarta : Bali Pusataka

Yan Peramadya Puspat. (2008)4. Kams Hukom Belnda Indonsia Inggeris. Semarng : Anka Illmu

Lintje Anna Marpaung. 2007. Politik Hukum Ketatanegaraan - Sistem Pemekaran Daerah. Pranata Hukum Volume 2 Nomor 1. Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung, Bandar Lampung.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/humani.v12i2.4915

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Humani (Hukum dan Masyarakat Madani)



Office : Fakultas Hukum Universitas Semarang

Jl.Soekarno-Hatta, Tlogosari, Semarang, Indonesia Telp:024-6702757, Fax: 024-6702272, email : humani@usm.ac.id

View My Stats  

Accreditation Ceritificate

 

 

Follow Me :

@humaniUsm                    @jurnalhumani