Expert System for”Hypertension Disease Diagnoses Using Web Based Certainty Factor Method

Vicky Olfianto N. Laukamang, Dwi Prasetyo, Derwin R. Sina

Abstract


Tekanan darah tinggi (hipertensi) merupakan kondisi di mana tekanan darah pada dinding arteri terlalu tinggi. Sampai saat ini, hipertensi menjadi isu kesehatan masyarakat, di mana jarang menimbulkan gejala yang jelas pada kesehatan. Hipertensi menjadi salah satu faktor resiko penyakit jantung koroner, gagal jantung, dan stroke. Hipertensi dikenal sebagai pembunuh secara tiba-tiba, karena seringkali penderita hipertensi tidak menyadari kondisinya dan baru mengetahuinya setelah melakukan pemeriksaan ke dokter dan mengalami komplikasi. Sistem pakar hadir sebagai sistem cerdas yang dapat digunakan sebagai solusi dan analisis dalam bidang medis, misalnya untuk mendiagnosis penyakit, pengguna dapat menggunakan sistem ini untuk mendiagnosis dan mendapatkan solusi terkait keluhan kesehatan yang mereka alami. Oleh sebab itu, sistem pakar ini dirancang, dibuat, dan dikembangkan untuk diagnosis dini penyakit hipertensi secara berbasis web dengan mengunakan metode certainty factor. Hasil pengujian sistem dengan menggunakan 100 data kasus, terbukti bahwa metode certainty factor mampu mendiagnosis penyakit hipertensi dengan tingkat akurasi mencapai 82%.

Keywords


Sistem Pakar; Hipertensi; Certainty Factor;

References


M. A. Puspa, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Hipertensi Menggunakan Metode Naive Bayes Pada RSUD Aloe Saboe Kota Gorontalo,” Ilk. J. Ilm., vol. 10, no. 2, Art. no. 2, 2018.

J. Purwono, R. Sari, A. Ratnasari, and A. Budianto, “Pola konsumsi garam dengan kejadian hipertensi pada lansia,” J. Wacana Kesehat., vol. 5, no. 1, pp. 531–542, 2020.

Riset KesehatanDasar.(2018). Laporan Rikesdas. http://dinkes.babelprov.go.id/.

R. O. Djami, S. A. S. Mola, and T. Widiastuti, “Penerapan Modified Certainty Factor dalam Sistem Pakar Tes Kepribadian Flag,” J. Komput. Dan Inform., vol. 6, no. 1, Art. no. 1, 2018.

Kusrini, (2008), Aplikasi Sistem Pakar, Penerbit Andi, Yogyakarta

M. F. Suryana, F. Fauziah, and R. T. K. Sari, “Implementasi Sistem Pakar Menggunakan Metode Certainty Factor Untuk Mendiagnosa Dini Corona Virus Desease (COVID-19),” J. Media Inform. Budidarma, vol. 4, no. 3, Art. no. 3, Jul. 2020, doi: 10.30865/mib.v4i3.2132.

D. Yolanda, D. Derisma, and D. Yendri, “Penerapan Metode Certainty Factor Dalam Sistem Pendeteksi Risiko Hipertensi Berbasis Smartphone,” InComTech J. Telekomun. Dan Komput., vol. 11, no. 1, pp. 37–50, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/transformatika.v22i1.8037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


| View My Stats |

Jurnal Transformatika : Journal Information Technology  by  Department of Information Technology, Faculty of Information Technology and Communication, Semarang University  is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.