Pengasuhan Orangtua dan Kepercayaan Diri terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMA dengan Kecerdasan Emosional sebagai Variabel Intervening

Vivit Kartika, Rini Sugiarti

Abstract


ABSTRAK

                              Penelitian ini bertujuan untuk 1) menguji secara empiris pengaruh pengasuhan orang tua terhadap kemandirian belajar pada siswa SMA. 2) menguji secara empiris pengaruh kepercayaan diri terhadap kemandirian belajar. 3) menguji secara empiris pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemandirian belajar. 4) menguji secara empiris pengaruh pengasuhan orang tua terhadap kemandirian belajar melalui kecerdasan emosional. 5) menguji secara empiris pengaruh kepercayaan diri terhadap kemandirian belajar melalui kecerdasan emosional. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 105 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik studi populasi.

                              Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan empat skala yaitu skala kemandirian belajar, skala kecerdasan emosional, skala pengasuhan orang tua, dan skala kepercayaan diri.   Analisis data menggunakan   analisis jalur   dengan menggunakan program SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan 1) pengasuhan orang tua berpengaruh positif dan signifikan   terhadap kemandirian belajar pada siswa SMA dengan p = 0.022 dimana p<0,05. 2) kepercayaan diri berpengaruh positif dan signifikan   terhadap kemandirian belajar pada siswa SMA dengan p =0.035 dimana p< 0.05. 3)kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan   terhadap kemandirian belajar pada siswa SMA dengan p=0.001 dimana p< 0.05. 4) pengasuhan orang tua berpengaruh terhadap kemandirian belajar pada siswa SMA melalui kecerdasan emosional dengan p=0.037 dimana p< 0,05. 5) kepercayaan diri berpengaruh terhadap kemandirian belajar pada siswa SMA melalui kecerdasan emosional dengan p=0.031 dimana p< 0,05.

Kata kunci : kemandirian belajar, kecerdasan emosional, pengasuhan orang tua, dan kepercayaan diri


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/philanthropy.v5i2.4225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Vivit Kartika



Philanthropy : Journal of Psychology Published by :
FACULTY OF PSYCHOLOGY
UNIVERSITAS SEMARANG 
Soekarno Hatta Street, Tlogosari Kulon, Pedurungan
Semarang City, Central Java - Indonesia
P-ISSN : 2580-6076
E-ISSN : 2580-8532
Email : filantropi@usm.ac.id
 
  
This work is licensed under a