Evaluasi Penerapan Prinsip-Prinsip Sanitasi Industri Dan Higiene Karyawan

Kevin Bagus Pamukti, Titis Juwitaningtyas

Abstract


Industri pangan merupakan industri yang mengolah hasil hasil pertanian sampai menjadi produk yang siap dikonsumsi oleh masyarakat. Oleh karena itu, industri pangan lebih berkiprah pada bagian hilir dari proses pembuatan produk tersebut. Fungsi utama suatu industri pangan adalah untuk menyelamatkan, menyebarluaskan, dan meningkatkan nilai tambah produk produk hasil pertanian secara efektif dan efisien. Sanitasi adalah suatu usaha yang mengawasi beberapa faktor lingkungan yang berpengaruh kepada manusia terutama terhadap hal-hal yang mempengaruhi efek, merusak perkembangan fisik, kesehatan, dan kelangsungan hidup atau upaya menjaga pemeliharaan makanan, tempat kerja atau bebas pencemaran yang diakibatkan oleh bakteri, serangga, atau binatang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sanitasi industri dan higiene karyawan berdasarkan acuan Peraturan Menteri Perindustrian RI No. 75/M-IND/PER/7/2010 tentang Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik. Metode analisis yang digunakan yaitu menggunakan check sheet, analisis statistik deskriptif dan diagram fishbone. Hasil Analisis didapatkan bahwa penerapan sanitasi industri dan higiene karyawan pada Sweet Sundae sudah baik, dengan presentase penerapan yaitu 85% sudah diterapkan dan 15% belum diterapkan.


Keywords


Industri; Sanitasi; Higiene; Check Sheet; Fishbone

Full Text:

PDF

References


Hermawan, T. 2016. Hygiene Dan Sanitasi Pengolahan Makanan Keluarga Anggota Lembaga Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (LPKK). Keluarga, 2(1).

Imamoto, T. et al. 2008. Perivesical abscess caused by migration of a fishbone from the intestional tract. International Journal of Urology Volume 9 (405-409).

Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 492/ MENKES/ PER/ IV/ 2010 tentang peryaratan kualitas air minum.

Peraturan Menteri Perindustrian RI Nomor: 75/M-IND/PER/7/2010. Pedoman Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (Good Manufacturing Practices).

Prastowo, Ichwan. (2014). Hotel Hygiene dan sanitation. Yogyakarta: Deepublish.

Pujoalwanto, Basuki. 2014. Perekonomian Indonesia Tinjauan Historis, Teoritis, dan Empiris. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Rejeki, S. (2015). Sanitasi, Higiene dan Keselamatan Kerja (K3). Bandung: Rekayasa Sains.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1984 Tentang Perindustrian.

Widyati, R. 2002. Higiene dan Sanitasi Umum dan Perhotelan. Jakarta : PT Gramedia Widiarsana Indonesia.

Wirakartakusumah, M. & Syah. 1990. Perkembangan Industri Pangan di Indonesia.Pangan. Vol II (5). IPB. Bogor.

Wulandari, R, dkk. (2015). Pembahasan Perilaku Personal Higiene Oleh Ibu Kepada Balita (Usia 3-5 Tahun) Dikelurahan Derwati. Media Pendidikan, Gizi Dan Kuliner. Vol. 4, No.1, April 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jtphp.v16i2.4550

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

View My Stats

Published :

Faculty of Agricultural Technology, Universitas Semarang

Jl.Soekarno-Hatta, Tologosari, Semarang, Indonesia, Telp: 024-6702757, Fax: 024-6702272, e_mail : jurnal_tphp@usm.ac.id.

Creative Commons License
This is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.