BERBAGAI KONSENTRASI KAPPA KARAGENAN (Kappaphycus alvarezii) TERHADAP SIFAT FISIKOKIMIA, MIKROBIOLOGI DAN ORGANOLEPTIK NUGGET SURIMI ITOYORI

Sri Haryati, Istiqomah Istiqomah, Sudjatinah Sudjatinah

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi kappa karagenan terhadap awal kebusukan melalui sifat fisikokimia dan organoleptik. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap satu faktor dengan 5 perlakuan 4 kali ulangan. Pengamatan meliputi kadar air, total bakteri, awal kebusukan, kekenyalan,     dan organoleptik yaitu tekstur. Data dianalisis dengan sidik  ragam,  dan  dilanjutkan  uji      Beda   Nyata  Jujur  (BNJ)   pada   taraf   5%. Kosentrasi kappa karagenan pada nugget surimi berpengaruh nyata (F hit > F tabel) pada total bakteri, awal kebusukan, dan organoleptik tekstur, namun tidak berpengaruh nyata (F hit < F tabel) terhadap kadar air dan kekenyalan (TA). Nugget surimi dengan hasil yang terbaik pada perlakuan P4 dengan konsentrasi kappa paragenan 1,5% yaitu kadar air 63,42%, total bakteri 1,6x105   cfu/koloni, awal kebusukan terjadi pada 367,39 menit, kekenyalan 1032,16 gf, dan pengujian organoleptik tekstur nugget surimi dengan nilai tertinggi yaitu 5,9 (sangat kenyal)


Keywords


nugget surimi, surimi itoyori, kappa karagenan.

Full Text:

PDF

References


AOAC, 1995. Official Methods of Analysis. Association of Official Analytical

Chemists. Benjamin Franklin Station, Washington.

Ciptaning, Nurila Sidi, Esti Widowati, dan Asri Nursiwi. 2014. Pengaruh Penambahan Karagean pada Karakteristik Fisikokimia dan Sensori Fruit Leather Nanas (Ananas Comosus L. Merr.) dan Wortel (Daucus Carota). Fakultas Pertain, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Fardiaz, S. 1993. Analisis Mikrobiologi Pangan Edisi Pertama. Cetakan Pertama.

Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Manyusa, P., P. Aruna., S. Srindhar., J. S. Kumar dan S. Babu. 2010.

Antibacterial Activity and Qualitative Phytochemichal Analysis of Selected

Seaweeds from Gulf of Mannar Region. Jurnal of Experimental Sciences, 1(8)

: 23-26

Nafiah, H., Winarni, dan Eko Budi Susatyo. 2012. Pemanfaatan Karagenan dalamPembuatan Nugget Ikan Cucut. Indonesian Journal of Chemical Science Vol. 1, No. 1,2012. 28-31 [Online]: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijcs.

Prabha, V., D.J. Prakash dan P.N. Sudha. 2013. Analysis of Bioactive Compuonds and Antimicrobial Activity of Marine Algae Kappaphycus alvarezii Using Three Solvent Extract. Internasional Jurnal of Phamaceutical Science and Research, 4(1) : 306-310.

Tejakusuma, Wahyu, Denny Suryanto Sutardjo, Hendronoto A W Lengkey. 2015.

Wiguna, Yudis Tira Arya, Lilis Suryaningsih, Hendronoto A.W. Lengkey. 2015.

Pengaruh Tingkat Penambahan Karagenan terhadap Sifat Fisik dan

Organoleptik Naget Puyuh.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jtphp.v13i1.2376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

View My Stats

Published :

Faculty of Agricultural Technology, Universitas Semarang

Jl.Soekarno-Hatta, Tologosari, Semarang, Indonesia, Telp: 024-6702757, Fax: 024-6702272, e_mail : jurnal_tphp@usm.ac.id.

Creative Commons License
This is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.