Strategi peningkatan layanan perizinan melalui online single submission risk-based approach (oss rba) di Jawa Tengah
Abstract
Penelitian ini merupakan studi mengenai strategi yang dilakukan dalam meningkatkan kemudahan layanan perizinan melalui sistem OSS RBA di Provinsi Jawa Tengah dengan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi dan arisp/dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian terdapat faktor penghambat dalam penerapan sistem OSS RBA yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal berupa kendala pada sistem, integrasi sistem dengan berbagai kementerian belum terlaksana dengan baik, adanya regulasi yang tumpang tindih, adanya jenis izin yang belum diakomodir, terbatasnya room upload persyaratan serta terbatasnya jumlah petugas layanan. Faktor eksternal berupa ketidakmampuan pelaku usaha mengakses OSS RBA. Strategi yang di gunakan dalam meningkatkan kemudahan layanan perizinan berusaha di Jawa Tengah melalui strategi teknologi dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi melalui kanal zoom, email serta kontak langsung dengan Kementerian Investasi. Strategi inovasi berupa inovasi digitalisasi layanan perizinan melalui SIAP Jateng dan Lakon-e Pandu. Strategi operasi melalui melalui Gerai Provinsi, klinik investasi dan kegiatan pendidikan serta pelatihan bagi petugas layanan perizinan.
This research is a study on the strategies employed to improve the ease of licensing services through the OSS RBA system in Central Java Province, using a qualitative approach and data collection techniques including in-depth interviews, observations, and documentation analysis. Data analysis techniques involve data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The research findings reveal inhibiting factors in the implementation of the OSS RBA system, both internal and external. Internal factors include system constraints, incomplete system integration with various ministries, overlapping regulations, unaccommodated types of permits, limited room for uploading requirements, and a shortage of service officers. External factors involve the inability of business actors to access the OSS RBA. Strategies used to enhance the ease of licensing services in Central Java Province include technological strategies utilizing information and communication technology through Zoom channels, email, and direct contact with the Ministry of Investment. Innovative strategies include digitalization innovations in licensing services through SIAP Jateng and Lakon-e Pandu. Operational strategies involve provincial outlets, investment clinics, educational activities, and training for licensing service officers
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Maslihatin, E. 2016. Dampak Kualitas Pelayanan Perizinan Terhadap Peningkatan Investasi pada UPT Pelayanan Perizinan Terpadu Provinsi Jawa Timur. Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik.
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Moore, Mark. 1995. Creating Public Value Strategic Management in Government. London: Hardvard University Press
Nofsy, Farras Aretha. 2021. Efektifitas Online Single Submission (OSS) Dalam Pelayanan Perizinan Berusaha di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Padang Sumatera Barat. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi
Peters et al. 2014. Theorizing about resource integration through service-dominant logic. Marketing Theory, 14(3), 249
Rahayu Riani. 2023. Efektifitas Pelayanan Perizinan dengan sistem Online Single Submission Risk Based Approach (OSS RBA) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Banyumas. Jurnal : Repository, Universitas Jenderal Sudirman.
Republik Indonesia, Keputusan Menpan Nomor 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik
Republik Indonesia, Peraturan Pemerintah Nomor 5 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Resiko.
Republik Indonesia, Peraturan Presiden Nomor 91 tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha.
Stephen L. Vargo, Robert F. Lusch. 2016. Service-dominant logic 2025. International journal of research in marketing 34
Tjiptono, Fandy & Chandra Gregorius. 2011. Service, Quality & Satisfaction. Edisi: 3 Yogyakarta. Andi Offset.
Vargo, S. L., & Lusch, R. F. (2004). Evolving to a new dominant logic for marketing. Journal of Marketing, 68(1), 1e17.
Vargo, S. L., Lusch, R. F., & Morgan, F. W. (2006). Historical perspectives on service-dominant logic. In R. F. Lusch, & S. L. Vargo (Eds.), The service-dominant logic of marketing: Dialog, debate and directions (pp. 29–42). Armonk, New York: M.E. Sharpe Inc
Vargo, S. L., & Lusch, R. F. (2008). Service-dominant logic: Continuing the evolution.. Academy of marketing science. Journal, 36(1), 1e10.
DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jreb.v17i1.7938
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editor's Address :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.