Pengaruh brand ambassador dan social media ads terhadap purchase intention melalui brand image produk skincare ms glow
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand ambassador, dan social media ads terhadap purchase intention dengan brand Image sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah para pria yang menggunakan produk skincare Ms Glow di Universitas Esa Unggul, dengan sampel sebanyak 115 responden. Pengambilan sampel dengan menggunakan Teknik purposive sampling dan dihitung dengan rumus Hair. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah SEM (Struktural Equation Model) Partial Least Square. Hasil penelitian menunjukkan variabel brand ambassador dan social media ads melalui brand image berpengaruh positif terhadap purchase intention. Penelitian ini bermanfaat bagi perusahaan dalam membuat kebijakan dan menyusun strategi. Beberapa strategi yang dapat dikembangkan perusahaan adalah mempertahankan brand image yang baik di persepsi konsumen, menggunakan brand ambassador yang identik dengan keunikannya untuk mempromosikan produk, serta terus berinovasi dalam mengiklankan atau mempromosikan produknya menggunakan social media ads untuk meningkatkan purchase intention pelanggan.
This study aims to determine the effect of brand ambassadors and social media ads on purchase intention with the brand image as an intervening variable. The population in this study were men who used Ms Glow's skincare products at Esa Unggul University, with a sample of 115 respondents. Sampling using purposive sampling technique and calculated by the formula Hair. Data collection techniques using a questionnaire. The analytical method used in this study is SEM (Structural Equation Model) Partial Least Square. The study results from show that brand ambassador and social media ads variables through brand image positively affect purchase intention. This research is helpful for companies in making policies and developing strategies. Several strategies that companies can develop are maintaining a good brand image in consumer perceptions, using brand ambassadors who are identical with their uniqueness to promote products, and continuing to innovate in advertising or promoting their products using social media ads to increase customer purchase intention.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adriana, Ellitan, L. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Image Pada Scarlett- Whitening Di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen : JUMMA, 11(1), 21 29. https://doi.org/10.33508/jumma.v11i1.3947
Afiya Rahmania dkk, M. (2022). Mempengaruhi Pengalaman Merek dan Citra Merek pada Loyalitas Merek: Mediator Merek Kepercayaan. Jurnal Analisis Manajemen, 11(1), 71 86
Agustin, R., & Hasyim. (2019). Membangun niat beli secara online melalui kemudahan dan kepercayaan konsumen. Journal of Economic, 10(2), 121 132.
Ahmad, A. H., Idris, I., Mason, C., & Chow, S. K. (2019). The impact of young celebrity endorsements in social media advertisements and brand image towards the purchase intention of young consumers. International Journal of Financial Research, 10(5), 54 65. https://doi.org/10.5430/ijfr.v10n5p54
Ahmad et al. (2020). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Oriflame Di Kota Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 10(1), 25 31. http://www.topbrand-award.com
Aji, P. M., Nadhila, V., & Sanny, L. (2020a). Effect of social media marketing on instagram towards purchase intention: Evidence from Indonesia s ready-to- drink tea industry. International Journal of Data and Network Science, 4(2), 91 104. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2020.3.002
Aji, P. M., Nadhila, V., & Sanny, L. (2020b). Pengaruh pemasaran media sosial di Instagram terhadap niat beli: Bukti dari industri teh siap minum di Indonesia. International Journal of Data and Network Science, 4(2), 91 104. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2020.3.002
Alamsyah, A., Besar, K. D., Widiyanesti, S., & Ramadhanti, A. R. (2020). Mengenal Kepribadian dari Sosial Isyarat Linguistik Media : Studi Kasus Kepribadian Brand Ambassador Mengenali Kepribadian dari Media Sosial.
Albar, K., Noviyanti, H., Sari, D. P., Zakhiroh, A., Kanjeng, S., Gresik, S., & Pemuda, J. (2022). Pengaruh Iklan dan Brand Image MS. Glow Terhadap Minat Beli Konsumen. SAUJANA Jurnal Perbankan Syariah Dan Ekonomi Syariah, 04(01), 2022.
Alexander, A. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Purchase Intentions Yang Dimediasi Oleh Customer Trust Produk MS Glow. E- Proceeding of Management, 9(4),1967 1974. https://doi.org/10.30813/jbam.v15i2.3774
Andarista, F., Hariyani, D. S., & Fauzi, R. U. A. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Dan Promosi Terhadap Minat Beli Brand Erigo Melalui Brand Image Sebagai Variabel Intervening. Journal of Current Research in Business and Economics, 1(2), 36 44.
Andini, A., & Surya, D. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Word Of Mouth Sebagai Variabel Intervening. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, 1 21.
Bougenvile, A., & Ruswanti, E. (2017). Brand Equity on Purchase Intention Consumers Willingness to Pay Premium Price Juice. IOSR Journal of Economics and Finance, 08(01), 12 18. https://doi.org/10.9790/5933-0801031218
Chen, H. (2008). Pemasaran dan Periklanan Media Sosial. 44(0).
Cheung, M. L., Pires, G. D., & Rosenberger III, P. J. (2019). Developing a conceptual model for examining social media marketing effects on brand awareness and brand image. International Journal of Economics and Business Research, 17(3), 243. https://doi.org/10.1504/ijebr.2019.10019330
Constantinides, E. (2019). Foundations of Social Media Marketing. Procedia Social and Behavioral Sciences, 148,40 57 https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.016
Creswell. (2014). Derfinisi Kuantitatif Korelasional. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 33 40.
Dastane, O. (2020). Dampak Pemasaran Digital terhadap Niat Pembelian Online: Pengaruh Mediasi dari Pengelolaan hubungan pelanggan. Journal of Asian Business Strategy, 10(1), 142 158. https://doi.org/10.18488/journal.1006.2020.101.142.158
Diyanti & Edastama. (2022). Pengaruh BTS sebagai Brand Ambassador dan Brand Image melalui kepercayaan konsumen terhadap Keputusan Pembelian Produk di Tokopedia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 01(02), 16 33. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4732
Esa, M. M. (2021). Niat Pembelian Online Produk Kosmetik Halal : Sebuah Perspektif. 12(10), 7674 7681.
Fadila, D. (2021). Pengaruh Brand Image, Brand Ambassador, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mustika Ratu (Studi Pada Mahasiswi Universitas Sriwjaya) Tesis. Universitas Sriwijaya, 4(April), 1 33.
Ferdinand. (2006). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.
Ghozali dan Latan. (2015). Uji kriteria goodness of fit. 82.
Habibah, Hamdani, & Lisnawati, S. (2018). Pengaruh Brand Image dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi pada Perempuan Muslim di Kota Bogor). Iqtishoduna P-ISSN: 2252-5661, e- ISSN: 2443-0056|, 7(2), 233 261.
Hair et al. (2010). Rumus hair. 176. Hair et al. (2017). Uji validitas AVE.
Hermanda, A., & Sumarwan, U. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Merek. 04(02),76 89.
Hien, N. N., Phuong, N. N., van Tran, T., & Thang, L. D. (2020). The effect of country-of-origin image on purchase intention: The mediating role of brand image and brand evaluation. Management Science Letters, 10(6), 1205 1212. https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.11.038
Karim, A. (2019). Pengaruh Tagline Iklan Versi Axis Hits Bonus Dan Brand Ambassador Terhadap Brand Awareness Kartu Axis (Studi Pada Mahasiswa STIE Amkop Makassar). Movere Journal, 1(1), 1 13. https://doi.org/10.53654/mv.v1i1.28
Lailiya, N. (2020). Pengaruh Brand Ambassador Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 2(2), 113. https://doi.org/10.51804/iej.v2i2.764
Lestari, M. (2022). Pengaruh Social Media Instagram Dan Electronic Word of Mouth Influencer Tasya Farasya Terhadap Purchase Intention Serum Universitas Esa Unggul.
Li, F., & Leonidou, L. C. (2020). Strategi pemasaran media sosial : definisi, konseptualisasi , taksonomi , validasi , dan agenda masa depan. 2001, 51 70.
Masyita, D. A., & Yuliati, A. L. (2017). Pengaruh brand ambassador dian sastrowardoyo terhadap brand image produk makeup L OREAL PARIS (studi pada konsumen L OREAL kota BANDUNG). Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana, 3(1), 41. https://doi.org/10.26486/jramb.v3i1.408
Mulia, H. (2020). Pengaruh Iklan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Studi Kasus Pada Cv Cemilan Kunik Garut. Eqien: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 7(2), 29 37. https://doi.org/10.34308/eqien.v7i2.135
Naomi, I. P., & Ardhiyansyah, A. (2021). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image Pada E-Commerce Indonesia. SENMABIS: Conference Series, 1(1), 38 44. https://kc.umn.ac.id/id/eprint/6200
Nasution, A. (2021). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Bisnis Corporate, 6(1), 11 18. https://doi.org/10.46576/jbc.v6i1.1484
Nurul & Hartono. (2022). JURNAL EKONOMI , MANAJEMEN , BISNIS DAN SOSIAL Pengaruh Brand Ambassador Aktor Korea Terhadap Brand Image Produk. 3(November), 49 55.
Osak, D. J., & Pasharibu, Y. (2020). Pengaruh Brand Ambasador Dan Tagline Terhadap Keputusan Pembelian Online Dengan Mediasi Brand Awareness. E- Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana 9.4 (2020):357-380, 9.4,357 380.
Pasya, D. N., & Nurhasanah, N. (2022). Pengaruh Aktivitas Pemasaran Media Sosial dan Pengalaman Pelanggan terhadap Niat Beli Pada Aplikasi Tiktok Shop Melalui Kualitas Hubungan. 8.5.2017, 2003 2005. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders
Permatasari, luh gede. (2015). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image, dan Brand Awareness Terhadap keputusan pembelian shampo Pantene di Surabaya, Indonesia. 199, 1 8. www.rc.org
Purwati, & Cahyanti. (2019). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Manajemen, 12(1), 12.
Putra, A. (2019). Pengaruh Iklan Dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Texas Chicken Pekanbaru). Kemampuan Koneksi Matematis (Tinjauan Terhadap Pendekatan Pembelajaran Savi), 53(9), 1689 1699.
Rabia, M., Babar, F., Akram, S., Arif, Z., & Tanveer, R. (2019). Impact of Celebrity Endorsement on Brand Conscious Consumers: A Case Study in Pakistan. Open Journal of Social Sciences, 07(04), 191 205. https://doi.org/10.4236/jss.2019.74016
Rahayu, Y., Triadi, S., Salsyabila, S. R., & Kusnanto, D. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Minat Beli Handphone Merek Samsung Pada E- Commerce (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Angkatan 2017 Universitas Singaperbangsa Karawang). Jurnal Ekonomi : Journal of Economic, 11(2). https://doi.org/10.47007/jeko.v11i2.3009
Rakhmania, A. S. (2021). Rencana Strategi Pemasaran Kategori Produk Rainbow Series Pt Kreasi Krispi Indonesia Sunkrisps Tahun 2021-2023. Jurnal Ekonomi : Journal of Economic, 12(02). https://doi.org/10.47007/jeko.v12i02.4559
Resti Prastiwi, F. T., Ratnaningsih, C. S., Windhyastiti, I., & Khouroh, U. (2020). Analisis Pengaruh Tren Budaya, Brand Ambassador dan Harga terhadap Purchase Intention. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 7(1), 55 60. https://doi.org/10.26905/jbm.v7i1.4222
Samosir, L. S., Putri, Y. R., & Nurfebrianing, S. (2016). Pengaruh Penggunaan Brand Ambassador Dewi Sandra Terhadap Putusan Pembelian Kosmetik Wardah Di Kota Bandung. Jurnal Sosioteknologi, 15(2), 233 240. https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2016.15.02.6
Saputro, A., Sugiharto, D. S., Studi, P., Pemasaran, M., Ekonomi, F., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2018). Dimensi Brand Ambassador. Strategi Pemasaran, 5, 1 8.
Setiyani, M. S. (2020). Analisis Iklan Ruang Guru Dan Brand Ambassador Dalam Meningkatkan Kepercayaan Pengguna Ruang Guru. 2(9), 1 9.
Sriyanto, A., & Kuncoro, A. W. (2019). Pengaruh brand ambassador, minat beli dan testimoni terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 8(1), 21 34.
Stefani, S. (2013). Analisis Pengaruh Iklan Televisi, Celebrity Endorser, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kosmetik Berlabel Halal Wardah. Skripsi, 1 179.
Sterie, W. G., Massie, J. D. ., & Soepono, D. (2019). Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk PT. Telesindo Shop sebagai Distributor Utama Telkomsel di Manado. Emba, 7(4), 3139 3148.
Sugiyono. (2012). Metode pengambilan sample. Sugiyono. (2016). teknik probably sampling. 85.
Sulistiyo, T. D., & Fitriana, R. (2020). Pengaruh Marketing Media Sosial Instagram Terhadap Brand Image The Bunker Caf ©, Tangerang. Jurnal Ekbis, 21(2), 189. https://doi.org/10.30736/je.v21i2.512
Supriyadi, Fristin, Y., & K.N, G. I. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Mahasiswa Pengguna Produk Sepatu Merek. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 135 144. https://media.neliti.com/media/publications/75449-ID-pengaruh-kualitas- produk-dan-brand-image.pdf
Taufik, Y., Risna, A., Aminatus, S., Ivonne, Z., Ade, A., & Siregar, P. (2022). Peran Social Media Marketing dan Brand Awareness Terhadap Purchase Intention Produk Es Teh Indonesia. 6(2), 5234 5240.
Wibowo, S. E., Ruswanti, E., Januarko, U., Ekonomi, F., Unggul, U. E., & Jeruk,
K. (2013). Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan Terhadap Niat Pembelian Ulang Pada Toko Buku Gramedia Yogyakarta. Jurnal Ekonomi, 56 64.
Yamin, S., & Kurniawan, H. (2011). Generasi Baru Mengolah Data Penelitian dengan partial Least Square Path Modeling. In Salemba Infotek.
Yuniyanto, H. R., & Sirine, H. (2018). Pengaruh Iklan terhadap Minat Beli Pengguna Youtube dengan Brand Recognition sebagai Variabel Intervening. Esensi: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 8(1), 21 28. https://doi.org/10.15408/ess.v8i1.5885
Yuwalliatin, S., & Purwatiningsih, D. (2012). Marketing 4.0, kepuasan pelanggan dan niat beli. 8(1), 608 620.
DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jreb.v16i2.6466
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editor's Address :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.