STUDI PERAN SELF EFFICACY DAN KOMPETENSI PROFESIONAL TERHADAP KNOWLEDGE DONATING DAN KINERJA GURU
Abstract
Terciptanya pendidikan yang berkualitas diperlukan kinerja guru untuk berbagi pengetahuan yaitu dengan menyumbangkan pengetahuan kepada guru lainnya (knowledge donating) sehingga mampu melibatkan peran yang berbeda terkait dengan penyedia dan peneriman pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris dan menganalisis pengaruh self efficacy dan kompetensi profesional terhadap kinerja guru denga knowledge donating sebagai variabel intervening. Hasil penyebaran kuesioner kepada 119 guru pada Sekolah Yayasan Islam Teuku Umar Semarang diperoleh jumlah sampel sebesar 98 responden. Alat analisisnya adalah Partial Least Square.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa self efficacy dan kompetensi profesional mempunyai pengaruh positif terhadap knowledge donating. Sedangkan self efficacy, kompetensi profesional dan knowledge donating juga terbukti berpengaruh terhadap kinerja guru. Knowledge donating terbukti mampu menjadi variabel intervening antara self efficacy dan kompetensi profesional terhadap kinerja guru.
The creation of quality education requires the performance of teachers to share knowledge by contributing knowledge to other teachers (knowledge donating) so as to be able to involve different roles related to the provider and recipient of knowledge. This study aims to examine empirically and analyze the effect of self efficacy and professional competence on teacher performance with knowledge donation as an intervening variable. The results of distributing questionnaires to 119 teachers at the Teuku Umar Islamic Foundation School Semarang obtained a sample of 98 respondents. The analysis tool is Partial Least Square.
The test results show that self efficacy and professional competence have a positive influence on knowledge donating. While self efficacy, professional competence and knowledge donation also proved to have an effect on teacher performance. Knowledge donation proved to be able to be an intervening variable between self efficacy and professional competence on teacher performance.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adirestuty, Fitranty dan Eri Wirandana, 2016. Pengaruh self efficacy guru dan kreativitas guru terhadap motivasi belajar siswa dan implikasinya terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Ekonomi. Social Science Education Journal. Vol. 3 No. 2
Bandura, A. 1986, Social Foundations of Thought and Action: A Social Cognitive Theory, Prentice-Hall, Englewood Cliffs, NJ.
Chasanah, Nur, 2008, Analisis pengaruh empowerment, self efficacy dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja dalam meningkatkan kinerja karyawan. Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 3 No. 4
Constant, D., Kiesler, S. and Sproull, L. 1994, What s mine is ours or is it? A study of attitudes about information sharing , Information Systems Research, Vol. 5 No. 4, pp. 400-21
Depdiknas. 2005. Peraturan pemerintah RI nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan
Dewi, Putu Eka Purnama dan I Gusti Ayu Manuati Dewi, 2015, Pengaruh self efficacy dan motivasi kerja pada kepuasan kerja karyawan Happy bali Tour dan Travel Denpasar, Jurnal Manajemen Strategi Bisnis dan Kewirausahaan. Vol 9 No. 1
Dysvik, Anders, et.al. 2015. Knowledge donating and knowledge collecting : The moderating roles of social and economic LMX. Development Journal. Vol. 36 No. 1 2015
Engko, Cecilia. 2008. Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Individual dengan Self Esteem dan Self Efficacy sebagai Variabel Intervening. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Pattimura. Vol. 10
Dama, Jihanti dan Imelda W.J Ogi, 2018. Pengaruh inovasi dan kreativitas terhadap kinerja karyawan. Jurnal EMBA Vol. 6 No. 1 Hal. 41-50 ISSN 2303-1174
Fajriah, Nailul dan Marcham Darokah. 2016. Pengaruh efikasi diri dan persepsi iklim organisasi terhadap kinerja dengan employee engagement sebagai variabel mediator. Jurnal HUMANITAS Vol. 13 No. 1 Hal. 37-49 ISSSN 1693-7236
Ghozali, Imam. 2013. Partial Least Square (PLS). Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang
Hakim, Adnan, 2015, Contribution of competence teacher (pedagogical, personality, professional competence and social) on the performance of learning. The International Journal of Engineering and Science (IJES) Volume 4 No. 2 PP : 01-12. ISSN :2319 1813
Hartanti, Astrid Setianing dan Tjutju Yuniarsih, 2018. Pengaruh kompetensi professional guru dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol. 1 No. 2 Hal : 197-27
Haryaka, 2016. Pengaruh kompetensi professional dan komitmen organizational terhadap kinerja guru di moderasi Budaya organizational. Jurnal. Manajemen Bisnis Vol. 3 No. 2
Ibrohim. 2016. Pengaruh kompetensi professional dan motivasi kerja terhadap kinerja guru dimoderasi kepemimpinan kepala sekolah. Jurnal. Manajemen Bisnis Vol. 3 No. 2
Juwono, Onny dan Yuliana Wangsadinata, 2010. Kreativitas, gaya kepemimpinan dan kompetensi dalam membentuk kepuasan kerja karyawan. Journal The Winners, Vol. 11 No. Hal : 55-65
Lakoy, Amanda Carolina, 2015 Pengaruh komunikasi, kerja sama kelompok dan kreativitas terhadap kinerja karyawan. Jurnal EMBA. Vol. 3 No. 3 Hal 981-991 ISSN 2303-11
Lestari, Indah Puji, dkk. 2015. Pengaruh Self Efficacy dan Organizational Citizenship Behavior (OCB) terhadap Kinerja Pegawai dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening: Studi pada Kejaksaan Negeri Jember. Artikel Ilmiah Mahasiswa
Lin, Hsiu-Fen. 2007. Knowledge sharing and firm innovation capabity: an empirical study. International Journal of Manpower. Vol. 28 No. ¾
Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu, 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia, Rineka Cipta, Jakarta
Mas ud, Fuad. 2004. Survai Diagnosis Organisasional : Konsep & Aplikasi, Badan Penerbit UNDIP. Semarang
Mendiknas. 2011. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2011 tentang Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas
Mulyasa. 2005, Menjadi Kepala Sekolah ProfessionalDalam Konteks Mensukseskan MBS Dan KBK.Bandung: Remaja Rosdakarya
Munandar, 2009, Analisis pengaruh kreativitas dan perilaku inovatif terhadap kinerj karyawan. Jurnal Manajemen. Vol. X No.1
Mendiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas
Noormania, Nour. 2014. Pengaruh Self Efficacy dan Iklim Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan di PT. Wijaya Karya Beton, Tbk. Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta
Nyanyu, Syahnaz. 2013. Investigating the Relationships between Human Resources Management Practices and Human Resources Development. Interdisciplinary Jornal of Contemporary Research in Busines,5(4), 361-367.
Raharjo, Wiryo dan Y Sutomo. 2016 Pengaruh motivasi dan kompetensi professional terhadap kinerja guru dimoderasi budaya organisasional. Jurnal. Manajemen Bisnis Vol. 3 No. 2
Riduwan, 2013. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta, Bandung
Salangka, Rian dan Lucky Datulong, 2015, Pengaruh self efficacy, self esteem dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT, PLN Wilayah Suluttenggo, Jurnal EMBA Vol. 3 No. 3 Hal. 562-572 ISSN 2303-11
Sebayang, Stevani dan Sembiring Jafar. 2017. Pengaruh Self Esteem dan Self Efficacy terhadap Kinerja Karyawan Studi Kasus di PT. Finnet Indonesia. Jurnal Fakulatas Ekonomi dan Bisnis. Vol. 4
Setiarso, Bambang 2013. Knowledge Sharing in Organizations: models and mechanism . Kualalumpur (Malaysia) : Special Library Conference
Sedarmayanti, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia : Reformasi Birokrasi dan manajemen Pegawai Negeri Sipil. PT. Refika Aditama, Bandung
Simamora, Henry, 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia, STIE YKPN, Yogyakarta
Subari, Subari and Hanes Riady, 2015, Influence of training, competence and motivation on employee performance, moderated by internal communication. American Journal of Business and Management. Vol. 4 No. 3 PP : 133-145
Triyanto, Arif, 2014. Pengaruh kompetensi dan penghargaan terhadap motivasi kerja karyawan. Jurnal Paradigma Vol. 12 No. 01 ISSN : 1693-0827
Tunjungsari, P. (2011). Pengaruh Stress Kerja Terhadap Work it self Karyawan Pada Kantor Pusat PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung. Universitas Komputer Indonesia, 1(1), 1 14
Wasko, M.M. and Faraj, S. 2005, Why should I share? Examining social capital and knowledge contribution in electronic networks of practices , MIS Quarterly, Vol. 29 No. 1, pp. 35-57.
DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jreb.v12i3.1758
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editor's Address :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.