ONLINE COMMUNITY : INCREASE SALES SIGNIFICANTLY BY INTEGRATING CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) WITH MARKETING COMMUNICATION
DOI:
https://doi.org/10.26623/transformatika.v5i2.24Keywords:
online community, virtual community, excellence of competitiveAbstract
Komunitas online dipandang oleh sebagian pihak sebagai metode untuk membangun kembali hubungan sarana komunikasi baru untuk memberdayakan individu dan organisasi. Kaum optimis menganggap komunitas online sebagai keunggulan kompetitif yang nyata dari kegiatan secara online yang merupakan keuntungan dari jaringan. Komunitas online merupakan salah satu pioner dari pemasaran internet yang sangat menjanjikan dan menciptakan serta menumbuhkan suatu komunitas.
Menurut Hagel & Armstrong mengemukakan bahwa munculnya komunitas online / munculnya komunitas virtual dalam jaringan online telah menciptakan pergerakan besar kekuasaan yang tidak terduga dari penyedia barang & jasa ke pelanggan. Penyedia yang memahami transfer kekuasaan & memilih mengkapitalisasikan melalui komunitas virtual akan memperoleh loyalitas pelanggan sekaligus keuntungan ekonomi yang mengesankan. Hagel & Armstrong memandang komunitas online sebagai jantung keberhasilan perdagangan secara online.
Komunitas online menciptakan kondisi dimana komunikasi & interaksi antar pelanggan sama pentingnya dengan komunikasi antara perusahaan ke pelanggan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Transformatika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.