Komunikasi Diadik Ibu-Anak dan Kematangan Sosial Anak Prasekolah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris apakah ada pengaruh komunikasi diadik ibu dan anak terhadap tingkat kematangan sosial peserta didik TK/PAUD. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan Vineland Social Maturation Scale dan Skala Komunikasi Diadik Ibu dan Anak. Sejumlah 33 peserta didik TK/PAUD ikut berpartisipasi sebagai subjek penelitian. Hipotesis diuji dengan teknik analisis korelasi product moment, menghasilkan r= 0,121 dengan p = 0,502 (p > 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara komunikasi diadik ibu dan anak dengan kematangan sosial anak, sehingga hipotesis dalam penelitian ini ditolak.
Keywords
kematangan sosial, komunikasi diadik ibu dan anak, peserta didik TK/PAUD
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26623/philanthropy.v1i1.678
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 PHILANTHROPY: Journal of Psychology