Komunikasi Diadik Ibu-Anak dan Kematangan Sosial Anak Prasekolah

Authors

  • Sri Widyawati, Martha Kurnia Asih

DOI:

https://doi.org/10.26623/philanthropy.v1i1.678

Keywords:

kematangan sosial, komunikasi diadik ibu dan anak, peserta didik TK/PAUD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris apakah ada pengaruh komunikasi diadik ibu dan anak terhadap tingkat kematangan sosial peserta didik TK/PAUD. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan Vineland Social Maturation Scale dan Skala Komunikasi Diadik Ibu dan Anak. Sejumlah 33 peserta didik TK/PAUD ikut berpartisipasi sebagai subjek penelitian. Hipotesis diuji dengan teknik analisis korelasi product moment, menghasilkan r= 0,121 dengan p = 0,502 (p > 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara komunikasi diadik ibu dan anak dengan kematangan sosial anak, sehingga hipotesis dalam penelitian ini ditolak.

Downloads

Published

2018-02-08

Issue

Section

Articles