Goal Setting dan Motivasi Berprestasi Atlet Panahan di Kota Pontianak
Abstract
Abstract. Psychological condition is a factor that influences the success of an athlete besides his physical condition. The good performance of an athlete can be shown by his achievement motivation and setting goals. Therefore this study aims to determine the relationship between goal-setting and achievement motivation in archery athletes in Pontianak City. The method used is quantitative with a correlational design. The research subjects were 21 people who were recorded as Pontianak city archery athletes. The data analysis technique used the product moment correlation analysis test and obtained a correlation coefficient value of 0.000 (p <0.05) with a value of r = 0.996. This proves that there is a positive and significant relationship with the degree of perfect correlation. This shows that goal setting is an important part of motivation for athletes to achieve higher performance. The more specific the goal setting, the higher the achievement motivation of the athletes.
Keywords: goal-setting, achievement motivation, archery athlete
Abstrak. Kondisi psikologis menjadi faktor yang ikut mempengaruhi keberhasilan seorang atlet selain kondisi fisiknya. Penampilan yang baik dari seorang atlet dapat ditunjukkan dengan motivasi berprestasinya dan membuat penetapan tujuan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan goal-setting dengan motivasi berprestasi pada atlet panahan kota Pontianak. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan desain korelasional. Subjek penelitian sebanyak 21 orang yang tercatat sebagai atlet panahan kota Pontianak. Teknik analisis data menggunakan uji analisis korelasi product moment dan diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0.000 (p<0.05) dengan nilai r= 0.996. Ini membuktikan terdapat hubungan yang positif dan signifikan dengan derajat korelasinya sempurna. Hal ini menunjukkan bahwa goal setting menjadi bagian penting sebagai motivasi bagi para atlet untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi. Semakin spesifik penetapan tujuannya maka semakin tinggi juga motivasi berpretasi para atletnya.
Kata kunci: goal-setting, motivasi berprestasi, atlet panahan
Full Text:
PDFReferences
Adisasmito, W. (2007). Sistem Kesehatan. Raja Grafindo Persada.
Arifin, Z., & Wahyudi, H. (2021). Ragam Motivasi Atlet Dalam Berprestasi Olahraga. Jurnal Kesehatan Olahraga, 09(02), 77–86. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kesehatan-olahraga/article/view/38439
Azwar, syaifuddin. (2018). Metode Penelitian Psikologi. Pustaka Pelajar.
Damanik, R. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Berprestasi Mahasiswa. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 51–55. https://doi.org/10.37755/jsap.v9i1.252
Firdaus, Z. N. (2013). Hubungan Goal-Setting dengan Performa Atlet Cabang Olahraga Bola Voli di Klub ALKO Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.
Firmansyah, R., & Pramono, M. (2021). Analisis Hubungan Goal-Setting Terhadap Motivasi Berprestasi Atlet. Jurnal Kesehatan Olahraga, 09(03), 291–300.
Haryani, R., & Tairas. (2014). Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa Berprestasi dari Keluarga Tidak Mampu secara Ekonomi. Jurnal Psikologi Dan Perkembangan, 3(01), 30–36.
Husdarta, H. J. . (2014). Psikologi Olahraga (Riduan (ed.); 3rd ed.).
Locke, E.A., Latham, G. (1990). A Theory of Goal Setting and Task Performance. Performance.Prentice Hall.
Lunenburg, F. C. (2011). Goal-Setting Theory of Motivation. 15(1), 1–6.
Muskanan, K. (2015). Analisis Motivasi Berprestasi Atlet Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar Provinsi Nusa Tenggara Timur. JKAP (Jurnal Kebijakan Dan Administrasi Publik), 19(2), 105. https://doi.org/10.22146/jkap.7608
Oktafiranda, N. D. (2021). Motivasi Berprestasi Atlet Panahan PPOP DKI Jakarta. Jurnal Sains Keolahragaan Dan Kesehatan, 6(2), 145–155. https://doi.org/10.5614/jskk.2021.6.2.4
Pangestika, S. (2018). Hubungan rasa percaya diri dengan motivasi berprestasi pada mata pelajaran IPA. Jurnal Psikologi Pendidikan, 10(7), 965–974.
Rahayu, E., & Mulyana, O. P. (2015). Hubungan antara goal-setting dan motivasi berprestasi dengan prestasi atlet renang. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 3(2), 1–5. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/10947
Robbins, S. . (2003). The Truth About Managing People. Financial Times.
Setiawan, E., Patah, I. A., Baptista, C., Winarno, M. ., Sabino, B., & Amalia, E. F. (2020). Self-efficacy dan mental toughness: Apakah faktor psikologis berkorelasi dengan performa atlet? Jurnal Keolahragaan, 8(2), 158–165. https://doi.org/10.21831/jk.v8i2.33551
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Supriyanto, agus. (2015). Psikologi Olahraga. UNY Press.
Syam, A., & Amri. (2017). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence)Berbasis Kaderisasi Imm Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Parepare). Jurnal Biotek, 5, 87–102.
DOI: http://dx.doi.org/10.26623/philanthropy.v7i1.6430
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Maulidi Yogi Fachrezi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.