Prinsip Character of A Leader pada Generasi Z

Shanty Komalasari, Ceria Hermina, Abdi Muhaimin, Muhammad Ahfadz Alarabi, M. Rizky Apriliadi, Nabila Putri Rayyan Rabbani, Nur Jay Dimas Mokodompit

Abstract


Abstrak. Tujuan penyusunan karya ilmiah ini adalah untuk mengetahui prinsip Character of The Leader yang sesuai untuk Generasi Z. Generasi Z sejak muda telah mengalami masa kanak-kanak di lingkungan yang serba mekanis, mereka akrab dengan kemajuan dan memiliki keakraban dengan perangkat saat ini yang secara tidak langsung mempengaruhi kepribadian mereka, baik secara skolastik maupun sosial. Generasi Z saat ini menguasai inovasi dan data, mereka juga luar biasa dalam membangun hubungan intrapersonal dan relasional. Metode yang digunakan penulis adalah studi literatur melalui buku, jurnal, dan berita online. Karya tulis ilmiah ini memberikan garis besar tentang prinsip Character of Leader yang sesuai untuk Generasi Z.
Kata kunci: Pemimpin, Character, Generasi Z


Full Text:

PDF

References


Altuntas, S., Baykal, U. (2010). Relationship Between Nurses' Organizational Trust Levels and Their Organizational Citizenship Behaviors. Journal of Nursing Scholarship. 42(2), 86-94. https://doi.org/10.1111/j.1547-5069.2010.01347.x.

Ambarwati, Amiroh dan Raharjo, Susilo Teguh. (2018). Prinsip Kepemimpinan Character of A Leader pada Era Generasi Milenial. Philanthropy Journal of Psychology. 2(2).

Argenti, P. A. (2010). Corporate Communication. Jakarta: Salemba Humanika.

Atika, Fristin, & Suwandaru. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan (Pada PT. PLN (PERSERO) Area Malang Rayon Malang Kota). Jurnal Bisnis dan Manajemen. 4(1).

Badan Pusat Statistik. (2021). Penduduk Berumur 15 Tahun ke Atas yang Bekerja Selama Seminggu yang Lalu Menurut Kelompok Umur dan Jumlah Jam Kerja Seluruhnya, 2021. https://www.bps.go.id/indikator/indikator/view_data_pub/0000/api_pub/eEFEYng2dWFVUjJGUU5xZkJUcGRaZz09/da_03/1.

Bencsik, A., Horváth-Csikós, G., & Juhász, T. (2016). Y and Z Generations at Workplaces. Journal of Competitiveness. 8(3).

Bencsik, A., & Machova, R. (2016). Knowledge Sharing Problems from the Viewpoint of Intergeneration Management. In ICMLG2016 - 4th International Conferenceon Management, Leadership and Governance: ICMLG2016 (p.42). Academic Conferences and publishing limited.

Cavazotte, F., Moreno, V., & Bernardo, J. (2013). Transformational Leaders and Work Performance: The Mediating Roles of Identification and Selfefficacy. BAR – Brazilian Administration Review, 10.

Cutlip, Scott M., et al. (2006). Effective Public Relations. Jakarta: Prenada Media Group.

Danial dan Wasriah. (2009). Metode Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan UPI.

Dell Technologies. (2018). https://www.delltechnologies.com/enus/perspectives/gen-z.htm.

Dencker, JC, Joshi, A., & Martocchio, J. J. (2008). menuju kerangka teori yang menghubungkan kenangan generasi ke sikap dan perilaku kerja. Manusia SumberPengelolaan Review, 18 (3), 180 187.

DeRosa, Darleen (2018). https://www.business2community.com/leadership/4-best-tips-for-successful-leadership-of-generation-z-employees-02139823.

Dewi, Nuning Nurna. (2019). Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan dabn Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan dengan Menggunakan Motivasi Kerja sebagai Variable Intervening (Studi Kasus Pada PT. SUPARMA Tbk). Media Mahardhika. 17(2).

Dolot, A. (2018). The characteristic of Generation Z, “e-mentor”, s. 44–50, http://dx.doi.org/10.15219/em74.1351.

Dries, Nicky., Pepermans, Roland., Kerpel, Evelien De. (2008). Exploring four generations' beliefs about career: Is "satisfied" the new "successful"?. Journal of Managerial Psychology. 23(8), 907-928.

Fajrin, I. Q., & Susilo, H. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan dengan Motivasi Kerja sebagai Variabel Intervening (Studi pada Karyawan Pabrik Gula Kebon Agung Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. 61(4), 117–124.

Ferri-Reed, J. (2010). The keys to engaging millennials. The Journal for Quality and Participation. 33(1).

Gaidhani, S., Arora, Lokesh & Sharma, B. K. (2019). Understanding The Attitude of Generation Z Towards Workplace. International Journal of Management, Technology and Engineering. Volume IX, Issue I, JANUARY/2019 ISSN NO: 2249-7455.

Gillespie, N.A. and Mann, L. (2000). The building- blocks of trust: the role of transformational leadership and shared values in predicting team members' trust in their leaders'. Tesis: University of Melbourne.

Grafton, Melissa (2011). Growing a business and becoming more entrepreneurial: The five traits of success. Strategic Decision. 27(6).

Green, Daryl. (2018). https://medium.com/@drdarylgreen/inspiring-generation-zwithtransformational-leadership-8a356cb3081c.

Irena, Lydia dan Rusfian, Effy Zalfiana. (2019). Hubungan Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Komunikasi Internal Dengan Kinerja Karyawan Generasi Z Pada Tech Company. Jurnal Komunikasi. 11(2), 223 – 232.

Joiner, Bill., Josephs, Stephen. (2007). Industrial and Commercial Training. Project: Research for Leadership Agility book. DOI:10.1108/00197850710721381. 39(1), 35-42.

Knapp, Curtis A., Weber, Christine, & Moellenkamp, S. (2017). Challenges and strategies for incorporating Generation Z into the workplace. Corporate Real Estate Journal. 7(2).

Koçak, S., & Burgaz, B. (2017). The Role of Leader Empowering Behaviours in Psychological Contract at High Schools. TeEği̇ti̇m VBi̇li̇m, 42(191), 351–370. https://doi.org/10.15390/EB.2017.7101.

Krogsgaard, J. A., Thomsen, P., & Andersen, L. B. (2014). Only If We Agree? How Value Conflicts Moderate the Relationship Between Transformational Leadership and Public Service Motivation. International Journal of Public Administration. 37(12).

Lailiyah, Syifa'ul dkk. (2021). Generasi Z Siap Jadi Pemimpin: Edukasi Leadership dan Decision Making Kesehatan Remaja di Banyuwangi. Media Gizi Kesmas. 10(1), 89-96.

Lasi, Heiner., Hans-Georg Kemper. (2014). Industry 4.0. Business & Information Systems Engineering University of Stuttgart. DOI 10.1007/s12599-014-0334-4. 6(4).

Laudert, Elizabeth. (2018). "Generation Z: Utilizing Adaptive and Authentic Leadership to Promote Intergenerational Collaboration at Work" M.A. in Leadership Studies: Capstone Project Papers. 30. http://digital.sandiego.edu/solesmalscap/30.

Lestari, Evi Dyah. (2015). Analisis Pengaruh Beban Kerja dan Konflik PekerjaanKeluarga terhadap Kinerja Karyawan dengan Stress sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Personal Banking Officer PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Wilayah Semarang). Tesis: Universitas Diponegoro.

Levi, D., & Slem, C. (1995). Team work in research and development organizations: The characteristics of successful teams. International Journal of Industrial Ergonomics. 16(1).

Lieberman, E. A. (2006). What’ S Fair Is Fair, Or Is It? The Effects of Merit-Related Managerial Behaviors and Organizational Policies on Organizational Justice Perceptions by Eric A. Lieberman A Dissertation Submitted to The Graduate Faculty in Psychology in Partial Fulfillm.

Limbos, M. A. P., & Casteel, C. (2008). Schools And Neighborhoods: Organizational And Environmental Factors Associated With Crime In Secondary Schools. Journal of School Health. 78(10), 539–544. https://doi.org/10.1111/j.1746-1561.2008.00341.x

Madden, Claire. (2017). Hello Gen Z: Engaging the Generation of PostMillennials. Australia: Hello Clarity.

Manheim, K. (1952). The Problem of Generation. Essai on the Sociology of Knowledge, 276-322. Diambil dari http://marcuse.faculty.history.ucsb.edu/classes/201/articles/27MannheimGenerations.pdf.

Mulyasa, E. (2004). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muttaqin, M. F. F. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Karyawan di Divisi Penyelamatan dan Penyelesaian Kredit Bank BJB dengan Komitmen sebagai Variabel Intervening. Tesis: Universitas Pasundan University.

Nathania. (2014). Hubungan Aliran Komunikasi Organisasi Dengan Kinerja Karyawan Di PT. Sarana Lubitama Semesta. Jurnal E-Komunikasi. 2(3).

Noble, S. M., & Schewe, C. D. (2003), Cohort segmentation: An exploration of its validity. Journal of Business Research. 56(12), 979–987. doi:10.1016/S01482963(02)00268-0.

Novitasari, Devi., & Setiawan, Rony Ika. (2015). Pengaruh Komunikasi Internal, Pelatihan Kerja dan Kemampuan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada CV. Tirto Agung Lodoyo. Riset Mahasiswa Ekonomi (RITMIK), 2(1).

Nugroho, Ngajudin dkk. (2021). Gaya Kepemimpinan Terhadap Motivasi Kerja Gen-Z (Studi Kasus pada Mahasiswa Politeknik Cendana Medan). Arbitrase: Journal of Economics and Accounting. 2(2), 46−50.

Pace, R. Wayne dan Faules, Don F. (1998). “Komunikasi Organisasi Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan”, terjemahan Deddy Mulyana, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Padgett, Jared., dkk. (2017). Improving Patient Safety through High Reliability Organizations. Walden University. 22(2).

Peramesti, Ni Putu Depi Yulia dan Kusmana, Dedi. (2018). Kepemimpinan Ideal pada Era Generasi Milenial. Jurnal Manajemen Pemerintahan. 10(1), 73 – 84.

Pratama, Gilang dan Elistia. (2020). Analisi Motivasi Kerja, Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan Dimediasi Kepuasan Kerja pada Angkatan Kerja Generasi Z. Jurnal Ekonomi. 11(2).

Pratama, Gilang; Hafidz, dan Noviyati, Mega. (2022). Analisis Motivasi Kerja, Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan Dimediasi Kepuasan Kerja pada Angkatan Kerja Generasi Z. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan. 5(2).

Putra, Y.S. (2016). Theoritical Review: Teori Perbedaan Generasi. Jurnal Ilmiah Among Makarti. 9(18).

Ragusa, A. (2010). Internal communication management: individual and organizational outcomes. Italia: Ventus.

Rahmat, Abdul & Kadir, Syaiful. (2016). Manajemen Kepemimpinan Dan Kemampuan Berkomunikasi Kepala Sekolah Pada Kinerja Pendidik. Jurnal Komunikasi.

Renfro, A. (2012). Meet generation Z. http://gettingsmart.com/2012/12/meetgeneration-z/.

Robbins, S. P. (2006). Perilaku Organisasi (10th Ed). Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Sari, D. N., Aryanto, R. (2014). Analisis Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Komunikasi Internal Terhadap Motivasi Kerja dan Dampaknya Pada Kinerja Karyawan di Kantor PT. Waskita Karya Divisi Gedung. Tesis: Universitas Binus University.

Setyoningrum, Rini. (2016). Pengaruh Komunikasi Internal terhadap Etos Kerja Pegawai di Pusat Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PP-PAUD dan Dikmas) Jawa Tengah. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment. 1(1).

Singh, A.P. and Dangmei, J., (2016). Understanding the Generation Z, the future workforce. South-Asian Journal of Multidisciplinary Studies. 3(3), 1-5.

Soegiarto, Melissa. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Karyawan Divisi Penjualan dan Pemasaran di CV. Norton Surabaya. AGORA. 4(2).

Suherman, Usep Deden. (2019). Pentingnya Kepemimpinan dalam Organisasi. Jurnal Ilmu Akuntansi dan Bisnis Syariah. Volume 1(2).

Vasja, Roblek., Meško M, Krapež A. (2016). A Complex View of Industry 4.0. 6(2).

Walumbwa, F.O. & Hartnell, C. (2011). Transformational leadership and organizational culture: Toward integrating a multilevel framework. Handbook of organizational culture and climate.

Wardhani, Bertha Kusuma dkk. (2020). Upaya Peningkatan Komitmen Organisasi Generasi Z melalui Psychological Capital dan Organizational Citizenship Behavior (Studi Kasus Pada Karyawan Generasi Z di Kota Salatiga). Jurnal Magisma. 8(1).

Wiedmer, T. (2015). Generations do differ: Best practices in leading traditionalists, boomers, and generations X, Y, and Z, delta kappa gamma bulletin. International Journal of Professional Educators. 82(1), 51–59.

Zisa, Sirajul Fuad dkk. (2021). Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital. Satwika: Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial. 5.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/philanthropy.v6i1.4960

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Shanty Komalasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Philanthropy : Journal of Psychology Published by :
FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS SEMARANG 
Jl. Soekarno Hatta, RT.7/RW.7, Tlogosari Kulon, Kec. Pedurungan
Kota Semarang Jawa Tengah 59160 Indonesia
P-ISSN : 2580-6076
E-ISSN : 2580-8532
Email : filantropi@usm.ac.id
 
  
This work is licensed under a