Hubungan Antara Pemberian Hadiah Terhadap Kedisiplinan Siswa Melalui Motivasi Belajar Sebagai Intervening

Ayuk Sulistyowati, Rini Sugiarti

Abstract


kedisiplinan di sekolah dalam hal mematuhi peraturan sekolah yang ada adalah hal penting untuk dipatuhi semua siswa karena dapat mencerminkan kepribadian dan tanggung jawab siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui. Hubungan antara pemberian hadiah terhadap kedisiplinan siswa melalui motivasi belajar sebagai intervening.  Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitaif dengan subjek berjumlah 110 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala pemberian hadiah, skala kedisiplinan siswa, dan skala motivasi belajar. teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi berganda dengan bantuan pls (partial least square). Hasil analisis pemberian hadiah terhadap kedisiplinan siswa melalui motivasi belajar sebagai intervening dengan nilai koefisien regresi (β) 0.277 dan signifikan dengan nilai P-value 0.01 artinya <0.01, artinya berpengaruh positif jika pemberian hadah dan kedisiplinan siswa meningkat maka motivasi belajar juga akan meningkat

Keywords: pemberian hadiah, kedisiplinan siswa, motivasi belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/philanthropy.v5i1.3462

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ayuk Sulistyowati



Philanthropy : Journal of Psychology Published by :
FACULTY OF PSYCHOLOGY
UNIVERSITAS SEMARANG 
Soekarno Hatta Street, Tlogosari Kulon, Pedurungan
Semarang City, Central Java - Indonesia
P-ISSN : 2580-6076
E-ISSN : 2580-8532
Email : filantropi@usm.ac.id
 
  
This work is licensed under a