Pengaruh Kontrol Diri dan Dukungan Sosial Orang Tua terhadap Kedisiplinan pada Siswa SMK Dengan Motivasi Belajar sebagai Variabel Intervening
DOI:
https://doi.org/10.26623/philanthropy.v5i1.3302Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh kontrol diri terhadap kedisiplinan pada siswa SMK, 2) mengetahui pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap kedisiplinan pada siswa SMK, 3) mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap kedisiplinan pada siswa SMK, 4) mengetahui pengaruh kontrol diri terhadap kedisiplinan melalui motivasi belajar pada siswa SMK, 5) mengetahui pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap kedisiplinan melalui motivasi belajar pada siswa SMK. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 88 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik studi populasi. Analisis data menggunakan analisis jalur dengan menggunakan program SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan 1) ada pengaruh positif kontrol diri terhadap kedisiplinan pada siswa SMK dengan p= 0,021 dimana p<0,05, 2) ada pengaruh posistif dukungan sosial orang tua terhadap kedisiplinan pada siswa SMK dengan p= 0,037 dimana p<0,05, 3) ada pengaruh positif motivasi belajar terhadap kedisiplinan siswa SMK dengan p=0,001 dimana p<0,005, 4) ada pengaruh posistif kontrol diri terhadap kedisiplinan melalui motivasi belajar pada siswa SMK dengan p= 0,014 dimana p<0,05, 5) ada pengaruh positif dukungan sosial orang tua terhadap kedisiplinan pada siswa SMK dengan p= 0,003 dimana p<0,05.
Kata kunci : kedisiplinan, kontrol diri, dukungaan sosial orang tua, motivasi belajar, siswa
Downloads
Published
Issue
Section
License
The author who will publish the manuscript at Philanthropy: Journal of Psychology, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).