Stres Akademik yang dimediasi Penyesuaian Diri Mahasiswa Keperawatan pada Pembelajaran Klinik secara Online
DOI:
https://doi.org/10.26623/philanthropy.v5i1.3301Abstract
Abstrak.Perubahan dunia pendidikan sebagai dampak pandemi memicu adanya perubahan metode pembelajaran yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial terhadap stres akademik dan apakah penyesusian diri dapat memediasi pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial terhadap stres akademik mahasiswa keperawatan yang melaksanakan pembelajaran klinik secara online. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 196 Mahasiswa, penelitian ini menggunakan Teknik analisis data yang digunakan adalah model persamaan struktural dengan pendekatan berbasis komponen varians atau yang dikenal dengan Partial Least Square. Metode pengumpulan data menggunakan skala, yaitu stres akademik, skala penyesuaian diri, skala efikasi diri dan skala dukungan sosial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial terhadap stres akademik disamping itu penelitian ini membuktikan bahwa penyesusian diri memediasi pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial terhadap stres akadmik mahasiswa keperawatan yang melaksanakan pembelajaran klinik secara online.
Kata Kunci : Stres akademik, Penyesuaian Diri, Efikasi Diri, Dukungan Sosial
Downloads
Published
Issue
Section
License
The author who will publish the manuscript at Philanthropy: Journal of Psychology, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).