Efektivitas Diagnosis Dan Habituasi Tosm A1 Terhadap Kompetensi Hitung Dasar Intuitif Pada Mahasiswa Tingkat Akhir
DOI:
https://doi.org/10.26623/philanthropy.v5i1.3010Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan: adanya efektivitas diagnosis dan habituasi metode ToSM level A1 bilangan asli terhadap kompetensi hitung dasar intuitif untuk operasi tambah, kurang, kali dan bagi. Kompetensi hitung dasar intuitif adalah kemampuan kognitif (pengetahuan) dan keterampilan mengoperasikan hitung dasar secara intuitif. Peneliti mengambil sampel dengan menggunakan teknik total sampling atau sampel jenuh. Selain itu untuk teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji Anava dan Uji Independent Sample T Test serta uji signifikansi dan linearitas. Adapun hasil uji hipotesis uji T terdapat perbedaan hasil antara pretest dan posttest ToSM pada mahasiswa tingkat akhir dengan habituasi aplikasi ToSM selama 15 hari. Kesimpulan penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa metode ToSM level A1 efektif sebagai alat diagnosis hitung dasar intuitif pada subjek penelitian dengan bukti masih ada mahasiswa yang belum memiliki kompetensi hitung dasar intuitif yakni kurang dari 30 OPM, sekaligus efektif terhadap peningkatan kompetensi hitung dasar intuitif.
Kata kunci: Diagnosis, Habituasi, Metode ToSM, Kompetensi hitung dasar intuitif
Downloads
Published
Issue
Section
License
The author who will publish the manuscript at Philanthropy: Journal of Psychology, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).