Pengaruh Adversity Quotient terhadap Motivasi Berprestasi pada Siswa Cerdas Istimewa
DOI:
https://doi.org/10.26623/philanthropy.v4i1.2141Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh adversity quotient terhadap motivasi berprestasi pada siswa cerdas istimewa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh adversity quotient terhadap motivasi berprestasi pada siswa cerdas istimewa. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa cerdas istimewa di kelas unggulan MTs Negeri 1 Semarang, yang terdiri atas 30 siswa kelas VIII A unggulan sains dan 30 siswa kelas VIII J unggulan agama. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Alat ukur dalam penelitian ini adalah skala motivasi berprestasi pada siswa cerdas istimewa dan skala adversity quotient. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh adversity quotient terhadap motivasi berprestasi pada siswa cerdas istimewa yang ditunjukkan dengan nilai F = 68, 388 dan p = 0,000 ( p < 0,05). Dengan demikian hipotesis diterima.
Kata Kunci : Adversity Quotient, Motivasi Berprestasi, Siswa Cerdas Istimewa.
Additional Files
Published
Issue
Section
License
The author who will publish the manuscript at Philanthropy: Journal of Psychology, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).