Hubungan antara Dukungan Sosial Orangtua dengan Kedisiplinan pada Peserta Didik SMP Hasanuddin 10 Kota Semarang
DOI:
https://doi.org/10.26623/philanthropy.v4i1.1850Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirirs hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan kedisiplinan pada peserta didik SMP Hasanuddin 10 Kota Semarang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan yang sangat signifikan antara dukungan sosial orangtua dengan kedisiplinan pada peserta didik SMP Hasanuddin 10 Kota Semarang. Semakin besar dukungan sosial dari orangtua, maka semakin tinggi kedisiplinan pada peserta didik, demikian pula sebaliknya. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 107 orang yang merupakan peserta didik dari SMP Hasanuddin 10 Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Analisis dara dilakukan menggunakan teknik Spherman s rho Corellation. Hasil perhitungan menunjukkan adanya korelasi sebesar 0,333 dengan p = < 0,01. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara dukungan sosial orangtua dengan kedisiplinan pada peserta didik, sehinggga hipotesis dalam penelitian ini diterima.
Katakunci: Kedisiplinan pada Peserta Didik, Dukungan Sosial Orangtua
Downloads
Published
Issue
Section
License
The author who will publish the manuscript at Philanthropy: Journal of Psychology, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).