Peningkatan Minat Belajar Siswa dengan Layanan Bimbingan Kelompok
DOI:
https://doi.org/10.26623/philanthropy.v2i2.1152Keywords:
Siswa, Minat Belajar, Bimbingan KelompokAbstract
Siswa kelas VIII B di SMP NU Tegal Semester 2 Tahun Ajaran 2015/2016 menunjukan adanya permasalahan pada sebagian siswa yaitu permasalahan minat belajar yang rendah. Sebagian besar siswa kelas VIII B banyak yang diam, tidak berani, pasif, merasa malu, kurang percaya diri, takut kalau pendapatnya salah, aktivitas siswa dalam mengikuti proses pembelajaran ada yang ramai sendiri, mengantuk, tidak pernah bertanya meskipun belum jelas, sering gelisah jika ada pertanyaan dari guru, sering ijin ke belakang dan sering terlambat. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan minat belajar siswa. Metode yang digunakan menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu penelitian tindakan kelas. Responden dalam penelitian ini adalah siswa SMP NU Tegal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok meningkatkan minat belajar siswa
References
Silalahi, U. (2002). Bimbingan Kelompok, Bandung : Mandar Maju
Simamora, H. (2002). Etika Bimbingan Kelompok ed III.Yogyakarta: STIE YKPN
Sugiharto, DYP. (2001). Prosedur Bimbingan Kelompok. Laporan Penelitian. Semarang: Lemhit UNNES
Sugiyo. (2008). Bimbingan dan Konseling Kelompok. Disertasi PPS
Sugiyono. (2005). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Suparno. (2007). Minat Belajar Siswa. Semarang: PPS
Samsudin, S. (2009), Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka Setia,
Sardiman, A.M. (1990). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Scott, W.B. (1971). Relation in Management : A Beha-vioral Science Appoarch, Illinois: Homewood
Sedarmayanti. (2001). Sumber Daya manusia dan Produktivitas Kerj. Bandung: Mandar Maju.
Simamora, H. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Penerbit STIE YKPN
Singarimbun, M. (1995). Metodologi Penelitian Survey. Jakarta : LP3ES
Sudjana. (1996.) Metode Statistika, Bandung : Tarsito.
Sukamto. (2009). dkk Pengembangan Profesi Konselor Secara Berkesinambungan Sebagai Strategi Nasional Pendukung Sertifikasi Konselor. Yogyakarta : UNY
Suryabrata, S. (1998). Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo
_______. (1983). Metodologi Penelitian. Jakarta: CV Rajawali
Downloads
Published
Issue
Section
License
The author who will publish the manuscript at Philanthropy: Journal of Psychology, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).