Author Guidelines

Kerangka Artikel terdiri dari :  

Judul, 

Abstrak,

1. Pendahuluan (Introduction),

2. Metode (Research Method),        

3. Hasil dan Pembahasan (Results and Analysis),

4. Kesimpulan (Conclusion),  

Daftar Pustaka

Jumlah halaman pada artikel pada jurnal ini minimal 8 halaman. Setiap artikel yang dimuat dalam Jurnal Transformatika harus menyesuaikan dengan aturan baku sesuai di panduan. Untuk template penulisan jurnal bisa didownload disini.

Judul Penelitian

Judul harus ringkas dan informatif, menggambarkan hasil penelitian dan variabel-variabel, serta hubungan antara variabel tersebut bisa dilihat dalam judul tersebut. Judul artikel hendaknya  paling banyak 12 kata.

Abstract

Abstract ditulis dalam bahasa Inggris, berisi uraian singkat pentingnya penelitian, tujuan penelitian, metodologi, hasil utama dan kesimpulan. Abstrak berisi ringkasan artikel dan berisi ide-ide pokok yang membuat pembaca tertarik dan berminat untuk membacanya (eye catching). Dibawah paragraf abstrak dicantumkan Keywords (kata kunci) maksimal 6 kata kunci. Kata kunci yang ditulis haraus khusus dan yang sering dipakai dalam artikel. Kata kunci akan digunakan untuk keperluan pengindeksan.

Pendahuluan (Introduction)

Bagian ini berisi latar belakang, alasan penelitian, rumusan masalah, pernyataan tujuan, dan organisasi penulisan. Adapun penulisannya tidak memakai sub judul  (sub-heading).

Metode (Research Method)

Bagian ini memuat langkah-langkah peneliti dalam melakukan penelitian, disajikan secara lengkap namun  padat. Kalau melakukan pendataan harus dijelaskan  mulai dari metoda pengambilan sampel sampai dengan teknik analisis.

Hasil dan Pembahasan (Results and Analysis)

Hasil dan pembahasan diungkapkan dengan padat dan jelas kerangka keilmuan yang diperoleh, bukan merupakan barisan tabel data atau gambar.

Kesimpulan (Conclusion)

Bagian ini merupakan penutup artikel. Simpulan ditulis tanpa nomor, dan disajikan dalam bentuk paragraf. Implikasi dan keterbatasan penelitian juga disajikan dalam bentuk paragraf. 

Daftar Pustaka (References)

Semua kutipan dan rujukan yang digunakan oleh penulis harus disajikan dalam bagian ini secara konsisten dengan tulisan, gambar atau tabel yang dikutip. Daftar Pustaka ditulis dengan format IEEE. Transformatika sangat menyarankan penulis atau author untuk menggunakan perangkat lunak pengutipan seperti Medeley atau Zotero.

Format Penulisan Daftar Pustaka

Jurnal:

  1. Author1 A, Author2 B. Title of Manuscript. Name of Journal or its Abbreviation. year; Vol.(Issue): pages.
  2. Casadei D, Serra G, Tani K. Implementation of a Direct Control Algorithm for Induction Motors Based on Discrete Space Vector Modulation. IEEE Transactions on Power Electronics. 2007; 15(4): 769-777. (in this case Vol.15, Issues 4, and page 769-777)

Proceeding:

  1. Author1 A, Author2 B. Title of Manuscript. Name of Conference of Seminar. City. Year; volume: pages.
  2. Calero C, Piatiini M, Pascual C, Serrano MA. Towards Data Warehouse Quality Metrics. Proceedings of the 3rd Intl. Workshop on Design and Management of Data Warehouses (DMDW). Interlaken. 2009; 39: 2-11. (in this case, city: Interlaken, year: 2009, Vol.39, page: 2-11)

Buku:

  1. Author1 A, Author2 B. The Title of the Book. Edition. City: Publishert. year: pages.
  2. Mohan N, Undeland TM, Robbins WP. Power Electronics. New York: John Wiley & Sons. 2005: 11-13.

Download Template Jurnal Transformatika versi .doc