Analisis Sniffing Password Menggunakan Aplikasi Cain Dan Abel Pada Jaringan Wifi Universitas Semarang

Susanto susanto, Basworo Ardi Pramono, Sri Handayani

Abstract


Jaringan wifi sangat rentan terhadap ancaman serangan,karena komunikasi yang terjadi bersifat terbuka. Jaringan yang terhubung dengan internet pada dasarnya tidak aman dan selalu dapat di ekploitasi oleh para hacker. Pada saat data dikirim melewati beberapa terminal untuk sampai tujuan berarti akan memberikan kesempatan pada user lain yang tidak bertanggung jawab untuk menyadap atau mengubah data, bahkan sampai mencuri data tersebut. Khususnya ancaman serangan dari sniffing. Aktivitas sniffing, yaitu penyadapan data dijaringan komputer dengan cara membelokkan data, merupakan aktivitas yang mudah dilakukan oleh para hacker. Aktivitas ini biasanya disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk mencuri informasi penting dari korbannya. Hal demikian terjadi karena kurang adanya pengamanan yang tepat maupun ketidak tahuan masyarakat awam.

Analisa Sniffing pada jaringan wifi universitas semarang membahas penggunaan Aplikasi Cain and Abel, yang digunakan untuk mengintai lalu lintas pada jaringan wifi USM, aplikasi Cain and Abel ini melakukan sniffing yang merekam seluruh aktivitas yang terjadi pada jaringan. Penulis melakukan penelitian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar dari penggunaan Aplikasi Cain and abel pada jaringan wifi USM dan cara menghindari tindak kejahatan ini.


Keywords


wifi, sniffing, usm.

References


Ariyanus. 2007. Instrusion Detection System, Andi : Yogyakarta.

Agus Kurniawan, 2013. Network Forensics Panduan analisa dan investigasi paket data jaringan menggunakan wireshark. Penerbit Andi. Yogyakarta.

P. K. Panwar and D. Kumar, 2012 "Security through SSL," International Journal of Advanced Research in Computer Science and Software Engineering, vol. 2, pp. 178-184,

P. Asrodia and V. Sharma, 2013"Network monitoring and analysis by packet sniffing method," international Journal of Engineering Trends and Technology (IJETT), vol. 4,

Tanenbaum, A. S. 2003. Computer Networks. New Jersey: Pearson Education.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/transformatika.v16i1.787

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Transformatika

| View My Stats |

Transformatika : Journal Information Technology by Department of Information Technology, Faculty of Information Technology and Communication, Semarang University is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.