IMPLEMENTASI STRATEGI MEMBANGUN HUBUNGAN BAIK PADA PERUSAHAAN JASA KONSTRUKSI

Ajeng Yuanitasari, Paulus Wardoyo, Indarto Indarto

Abstract


Hubungan relasi antara penyedia jasa konstruksi dengan pelanggannya memperngaruhi kelangsungan bisnis penyedia jasa konstruksi. Adanya perubahan kondisi lingkungan eksternal perusahaan penyedia jasa konstruksi saat ini, harus disikapi dengan menerapkan strategi untuk tetap bertahan. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengalisis strategi membangun hubungan baik perusahaan jasa konstruksi terhadap pelanggannya untuk terus mendapatkan proyek konstruksi. Metode penelitian yang digunakan dalam penilitian ini yaitu menggunakan pendekatan fenomenologi kualitatif. Hasil penelitian ini adalah: strategi untuk membangun hubungan baik antara perusahaan jasa konstruksi dengan pelanggannya yaitu dengan menggunakan strategi customer relationship management (CRM) dengan menerapkan komponen proses, manusia dan teknologi. Memberikan pelayanan yang berkualitas untuk pelanggannya sehingga meningkatkan nilai kepuasan pelanggan pada kualitas pelayanan dan kualitas produk.

Relationships between construction service providers and their customers affect the business continuity of construction service providers. Changes in the current external environment of construction service providers must be addressed by implementing strategies to stay afloat. The objective to be achieved in this research is to analyze the strategy of building good relations between construction service companies and their customers to continue to get construction projects. The research method used in this research is to use a qualitative phenomenological approach. The results of this study are: a strategy to build good relations between construction service companies and their customers by using a customer relationship management (CRM) strategy by applying process, human and technology components. Providing quality services for its customers thereby increasing the value of customer satisfaction on service quality and product quality.


Keywords


Business strategy; Construction service; Customer Relationship Management (CRM); Service quality; Customer satisfaction

Full Text:

PDF

References


Aditia, I. (2012). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan pada UD Pandan Wangi Semarang. Jurnal Kajian Akuntansi Dan Bisnis, 1(1).

Chadiq, U. (2015). Customer Relationship Management (CRM): Pilihan Strategi untuk Meraih Keunggulan Bersaing. Dharma Ekonomi, 18(33).

Darudiato, S., Novianto, C., Hendra, H., Reynaldo, R., & Selvi, S. (2011). Membangun Customer Relationship Management dalam Bisnis. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 2(2), 1350 1358.

Kalalo, R. E. (2013). Customer relationship management dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen PT. Matahari Dept. Store, Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4).

Lukas, A. (2001). Customer Relationship Management, CRM Slide Pesentation. Jakarta: Ciptamaya.

Rizan, M., & Arrasyid, H. (2008). Analisis Asosiasi Merek, Nilai Produk, dan Kualitas Pelayanan, Serta Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Sepeda Motor di Bekasi. Jurnal Fakultas Hukum UII, 12(2).

Wildyaksanjani, J. P., & Sugiana, D. (2018a). Strategi Customer Relationship Management (CRM) PT Angkasa Pura II (Persero). Jurnal Kajian Komunikasi, 6(1), 10 23.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jreb.v12i2.1660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor's Address :
Gedung O  Magister Management Program of Universitas Semarang.
Jl.Soekarno-Hatta, Tlogosari. Semarang, Jawa-Tengah,  Telp: 024-6702757; Fax: 024-6702272,  e_mail: jreb@usm.ac.id
 
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.