Pengembangan Pemasaran Online Usaha Kerajinan Enceng Gondok dan Pandan di Desa Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang
DOI:
https://doi.org/10.26623/transformatika.v12i1.87Keywords:
Pemasaran online, handycraft, SDLCAbstract
Pemasaran yang dilakukan oleh pengrajin handycraft di Desa Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang, menggunakan pemodelan pemasaran tradisional, yang hanya bergantung kepada tempat pengrajin memamerkan produk mereka. Keterbatasan pemasaran yang bergantung hanya kepada tempat produksi atau lokasi sekitar tempat produksi menyebabkan rendahnya tingkat penjualan.
Perkembangan Teknologi Informasi yang semakin pesat membuat pola pemasaran mengalami perubahan, pemanfaatan internet menjadi salah satu alternatif yang banyak dipakai perusahaan untuk memasarkan produknya. Dengan adanya situs online maka kesempatan pengembangan pemasarana akan semakin besar karena jumlah pengunjung tidak hanya berasal dari kota sekitar atau daerah sekitar akan tetapi seluruh pengguna internet. Informasi produk baru hingga perubahan harga dapat dilihat secara langsung dari situs pengrajin. Dengan adanya situs online diharapkan masyarakat dunia akan mengetahui adanya produk-produk dari desa Lopit. Sebagai alternatif memecahkan masalah akan dikembangkan model pemasaran secara online, yang tidak mengenal batasan dan waktu dalam pemasarannya. Model pengembangan sistem yang dipakai dalam membuat web ini adalah System Develop Life Cycle (SDLC)Downloads
Published
2014-07-05
Issue
Section
Artikel
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Transformatika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.