Analisis Penentuan Rute Pengiriman Barang Menggunakan Metode Saving Matrix Dan Genetic Algorithm Pada Pt. Pos Logistik Indonesia

M Tirtana Siregar, Agus Wahyudin, Ronald Sukwadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penentuan rute dalam pengiriman barang di PT Pos Logistics Indonesia. Pada PT Pos Logistik Indonesia kegiatan transportasi masih belum mempertimbangkan rute, karena dalam proses pengiriman pengemudi kurang mempertimbangkan rute yang masih satu rute tetapi lokasi yang berbeda. Pemilihan metode yang dapat digunakan di PT Pos Logistics Indonesia, yaitu dengan matriks penghematan, dalam mencari rute pengiriman barang terlebih dahulu harus mengetahui terlebih dahulu tujuan yang akan dituju. Ini dapat memengaruhi rute pengiriman dan menurunkan biaya bahan bakar untuk pengiriman barang. Penentuan rute menggunakan metode matrix hemat adalah untuk mengetahui rute terpendek yang akan dilalui. Hasil yang diperoleh dari rute terpendek adalah biaya bahan bakar berkurang hingga Rp. 1. 452.300 yang awalnya berjumlah Rp. 5.662.425 dengan penurunan sebesar Rp. 4.210.125. Berdasarkan hasil perhitungan Genetic Algorithm dengan mutation probability 0.1 melalui 50.000 iterasi,   didapatkan jarak terendah dan efektif (fitness value) sebesar 4222 km.Lebih baik jika PT Pos Logistics Indonesia dalam menentukan rute pengiriman dapat menggunakan metode Saving matrix sehingga biaya yang dikeluarkan untuk bahan bakar minyak dapat ditekan dan dapat menggunakan genetic algortihm untuk penentuan rute yang optimal.

 


Keywords


rute, saving matrix, genetic algorithm, transportasi

References


Fernandez, Analisis penerapan metode transportasi untuk meminimasi biaya distribusi pada PT Deli Agung PAtria Perkasa, J. Transp., vol. 1, no. 1, pp. 1 10, 2014.

R. Yuniarti and M. Astuti, Penerapan Metode Saving Matrix Dalam Penjadwalan Dan Penentuan Rute Distribusi Premium Di SPBU Kota Malang, vol. 4, no. 1, pp. 17 26, 2013.

M tirtana siregar ; zahidi m puar, Implementasi lean distribution untuk mengurangi lead time pengiriman pada sistem distribusi Ekspor, J. Teknol., vol. 10, no. 1, pp. 1 8, 2018.

Haryono, Analisis faktor penyebab keterlambatan pengiriman produk arnotts ke Alfamart area JABODETABEK dan Banten, J. STMT Trisakti, 2015.

U. Efisiensi and B. Distribusi, Media Ekonomi Dan Manajemen Vol. 32 No. 2 Juli 2017, vol. 32, no. 2, pp. 137 153, 2017.

R. Azis, Pengantar Sistem dan Perencanaan Transportasi. Deepublish, 2014.

S. Wahyuningsih, Pengembangan Layanan Jasa Pengiriman PT. POS Indonesia Untuk Kebutuhan Masyarakat Di Kota Bandung. Shipment Service Development , 2013.

Gunawan, Pengantar Transportasi dan Logistik. Rajawali Pers, 2014.

F. Report, Spent Fuel Transportation Package Response to the Baltimore Tunnel Fire Scenario Office of Nuclear Material Safety and Safeguards Spent Fuel Transportation Package Response to the Baltimore Tunnel Fire Scenario Final Report.

I nyoman mahendrawati pujawan, supply chain management, 2017th ed. Andi offset, 2017.

T. Endrawati and M. T. Siregar, Analysis of logistic distribution performance of good supply from PT. Mentari Trans Nusantara distribution center to branches using Smart PLS 3.0, in AIP Conference Proceedings, 2018, vol. 1941.

Andries P Engelbrecht. Fundamentals of computational swarm intelligence. John Wiley & Sons, 2006.

S Rajeev and CS Krishnamoorthy. Discrete optimization of structures using genetic algorithms. Journal of structural engineering, 1992.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/transformatika.v21i2.5861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


| View My Stats |

Jurnal Transformatika : Journal Information Technology  by  Department of Information Technology, Faculty of Information Technology and Communication, Semarang University  is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.