Perancangan Antarmuka Sistem Pelaporan Kerusakan Gedung Menggunakan Metode Human Centered Design (HCD) Berbasis Mobile dengan Teknologi Hybrid (Studi Kasus : Kampus Notohamidjojo FTI UKSW)

Hendri Suryo Prakoso, Kristoko Dwi Hartomo

Abstract


Kampus Notohamidjojo merupakan kampus yang tergolong masih baru yang digunakan oleh Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Satya Wacana. Gedung ini berdiri 3 tahun lalu, meskipun gedung ini masih baru tetapi sudah ada beberapa kerusakan dari infrastruktur, fasilitas laboratorium komputer dan furniture. Pihak yang menangani hal tersebut adalah bagian sarana dan prasarana fakultas. Sarana dan prasarana dari fakultas mengalami kendala ketika melakukan pengelolaan kerusakan yang ada, maka dari itu dengan berkembangnya teknologi yang semakin maju banyak platform yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan pengelolaan kerusakan tersebut. Platform yang digunakan yaitu smartphone Android dan website. Perancangan sistem ini menggunakan platform Android untuk melakukan proses pelaporan kerusakan dan website digunakan untuk melakukan manajemen kerusakan. Perancangan ini difokuskan untuk membuat desain antarmuka aplikasi yang user-friendly. Desain yang diterapkan menggunakan metode Human Centered Design (HCD) karena dengan menggunakan metode ini dapat menghasilkan antarmuka yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Perancangan ini juga menggunakan teknologi dari Hybrid yang dimana dengan menggunakan teknologi tersebut sistem ini dapat berjalan di Android dan iOS. Pengujian terhadap antarmuka dilakukan menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) dengan mendapatkan hasil lebih dari 90,0 yang menandakan bahwa perancangan sistem pelaporan kerusakan menggunakan metode HCD dan EUCS ini valid dan mampu untuk memenuhi kebutuhan yang diperlukan dari pihak sarana dan prasarana Fakultas Teknologi Informasi.  


Keywords


HCD, EUCS, Antarmuka, Kerusakan, Hybrid

References


E. Metzker and M. Offergeld, An Interdisciplinary Approach for Successfully Integrating Human-Centered Design Methods into Development Processes Practiced by Industrial Software Development Organizations, pp. 19 33, 2001.

F. Andriani, Y. T. Mursityo, and H. M. Az-zahra, Perancangan Antarmuka Web Access Dwelling Time Menggunakan Metode Human Centered Design ( HCD ) Pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai ( KPPBC ) Tipe Madya Pabean ( TMP ) Tanjung Perak Kota Surabaya, vol. 3, no. 4, pp. 3407 3416, 2019.

D. R. Anggitama, H. Tolle, and H. M. Az-zahra, Evaluasi Dan Perancangan User Interface Untuk Meningkatkan User Experience Menggunakan Metode Human Centered Design Dan Heuristic Evaluation Pada Aplikasi EzyPay, vol. 2, no. 12, pp. 6152 6159, 2018.

N. Setiyawati and S. Teguh Bowo Kesuwo, Pembangunan Aplikasi Pelaporan Kecelakaan Lalu Lintas Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel, Assoc. Inf. Syst. Indones., vol. 2, no. 22, pp. 1 10, 2017.

R. Irwandana, A. D. Herlambang, and M. C. Saputra, Evaluasi dan Perbaikan Rancangan Antarmuka Pengguna Situs Web Eventmalang Menggunakan Pendekatan Human Centered Design, vol. 3, no. 2, pp. 1334 1341, 2019.

D. A. Norman, Human-centered design considered harmful, Interactions, vol. 12, no. 4, p. 14, 2005.

R. Harte et al., A Human-Centered Design Methodology to Enhance the Usability, Human Factors, and User Experience of Connected Health Systems: A Three-Phase Methodology, JMIR Hum. Factors, vol. 4, no. 1, p. e8, 2017.

V. N. Firdausy, F. Agus, and I. F. Astuti, Aplikasi Android Hybrid Untuk Pemilihan Lokasi Kuliner, Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 12, no. 1, p. 30, 2018.

S. Alfeno and W. I. Tiana, Aplikasi Mobile Commerce Berbasis Android Pada Distro, vol. 4, no. 2, pp. 169 179.

C. Putnam, E. Rose, E. J. Johnson, and B. Kolko, Adapting User-Centered Design Methods to Design for Diverse Populations, Inf. Technol. Int. Dev., vol. 5, no. 4, pp. 51 74, 2009.

Handhoko. 2020. Wawancara Supervisor di-Kantor Sarana dan Prasarana, FTI227.

FTIUKSW. 2003. Profil FTI UKSW http://fti.uksw.edu/tentang-fti-uksw/profil-fti-uksw.html (diakses pada tanggal 14 Januari 2020)




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/transformatika.v18i1.1913

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


| View My Stats |

Jurnal Transformatika : Journal Information Technology  by  Department of Information Technology, Faculty of Information Technology and Communication, Semarang University  is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.