PENGARUH IDOL KPOP SEBAGAI BRAND AMBASSADOR, BRAND IMAGE DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE LEMONILO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Brand Ambassador, Brand Image, Brand Awareness terhadap keputusan pembelian. Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu menggunakan kuesioner yang melalui googleform. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif dengan sampel yang diteliti sebanyak 110 responden. Analisis data yang digunakan diantara lain analisis deskriptif, uji instrument, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji t, uji F, koefisien determinasi dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara positif dan tidak signifikan dari variabel Brand Ambassador terhadap variabel keputusan pembelian dan terdapat pengaruh secara positif dan tidak signifikan dari variabel brand image terhadap variabel keputusan pembelian. Lain halnya variabel Brand Awareness memberikan pengaruh secara negatif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Oleh karena itu, perusahaan dapat lebih memperhatikan dan berupaya dalam mempertahankan serta meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek konsumen terhadap produk-produk agar konsumen menjadikan merek tersebut sebagai pilihan utama ketika ingin membeli produk mie.
Kata Kunci :
Brand Ambassador; Brand Image; Brand Awareness; Keputusan PembelianFull Text:
PDFReferences
Chandra, C., dan keni, K (2019). Pengaruh Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality, Dan Brand Loyalty Terhadap Customer Purchase Deciaion. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 176. https://doi.org//10.24912/jmieb.v3iI.3506
Dewi, L. G. P. S., Edyanto, N., & Siagian, H. (2020). The Effect of Brand Ambassador, Brand Image, and Brand Awareness on Purchase Decision of Pantene Shampoo in Surabaya, Indonesia. SHS Web of Conferences, 76(11), 01023.
Gita, D., & Setyorini, R. (2016). Pengaruh Brand Ambassador terhadap Brand Image Perusahaan Online zalora.co.id. E-Proceeding of Management, 3(3), 620-626.
Kolter, P. & K. L. Keller, (2016). Marketing Management, 14th edition, Pearson Pretice Hall, New Jersey.
Mudzakir, F. (2018). The Influence of Brand Ambassador Usage Toward Brand Image of Oppo. Industrial Research Workshop and National Semiar, 648-655
Kumar, S., & Upadhaya, D. G. (2019). Impact of Corporate Credibility, Brand Awareness, Brand Image and Brand Loyalty on Purchase Intention in the Telecommunication Sector of Karachi. Journal of Indonesian Economy and Business, 12(1), 508-524
Nurhasanah, et. al. (2020). The Effect of E-WOM, Brand Trust, and Brand Ambassador on Purchase Decisions at Tokopedia Online Shopping Site. International Conference on Advanced Science and Technology.
Novansa, H., & Ali, H. (2017). A study on Demonetization and its Impact on Corruption and Black money. Saudi Journal of Humanities and Social Sciences, 2(5), 597-610
Woo, H. (2019). The Expanded Halo Model of Brand Image, Country Image and Product Image in The Context of Three Asian Countries. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 31(4), 773-790.
Wardani, E. S., & Santosa, A. (2020). Pengaruh Hallyu, Ambassador Merek, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Atas Produk Republik Natur Di Yogyakarta. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 8(2), 203-211.
Hendayana, Y., & Afifah, N. M. (2020). Pengaruh Brand Ambassador Dan Korean Wave Terhadap Minat Belanja Online Melalui Marketplace Tokopedia. Kinerja, 3(1), 32-46.
Maulida, C. N., & Kamila, A. D. (2021). Pengaruh K-Pop Brand Ambassador Terhadap Loyalitas Konsumen. Kinesik, 8(2), 137-145.
Rizki, S. P., & Mudiantono, M. (2016). Analisis Pengaruh Brand Ambassador, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Face Care Garnier Di Kota Semarang). Diponegoro Journal Of Management, 5(2), 200-111.
Ghadani, A., Muhar, A. M., & Sari, A. I. (2022). Pengaruh brand ambassador dan brand image terhadap keputusan pembelian di shopee dengan mediasi brand awareness. Insight Management Journal, 2(3), 110-118.
Dilham, A., Sofiyah, F. R. & Muda, I. (2018). The Internet Marketing Effect On TheCustomer Loyalty Level With Brand Awareness As Intervening Variables. International Journal of Civil Engineering and Technology (IJCIET) 9 (9).
Kumalasari, P. (2013) Analisis Pengaruh Brand Awareness dan Brand Imageterhadap Brand Equity dan dampaknya pada Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Product Placement Mie Instan Indomie Di Dalam Film 5 Cm), Universitas Diponegoro, Semarang
DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v20i4.6069
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Siti Nurul Samsiyah, Naini Rizka Amalia, Novi Andriana Regita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
SOLUSI Published by : Fakultas Ekonomi , Universitas Semarang Soekarno Hatta Street, Tlogosari Kulon, Pedurungan Semarang City, Central Java - Indonesia P-ISSN : 1412-5331 E-ISSN : 2716-2532 Email : solusi@usm.ac.id |