PENGARUH KEMUDAHAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN E-BANKING PADA BNI 46 KC KARANGAYU SEMARANG DENGAN MINAT NASABAH DAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Ahmad Sahri Romadon, Risma Nurhapsari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemudahan terhadap keputusan menggunakan E-Banking pada BNI 46 KC Karangayu Semarang dengan minat nasabah dan kepercayaan sebagai variabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah yang terdaftar sebagai pengguna E-banking di Bank BNI 46 KC Karangayu Semarang sebanyak 44.380 nasabah (data EIS BNI 46 KC Karangayu Semarang). Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini digunakan teknik Simple Random Sampling yaitu pengambilan sampel dengan acak sederhana dimana setiap unit analisis memperoleh kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai sampel penelitian. Jumlah sampel yang diperoleh adalah 100 responden (dibulatkan ke atas agar dapat mewakili jumlah populasi). Metode analisis yang digunakan adalah pengujian instrumen data, uji kelayakan model, uji asumsi klasik, analisis jalur (Path Analysis).

Kemudahan teknologi berpengaruh positif terhadap minat nasabah yang dapat dilihat dari angka signifikansi sebesar 0,000 < a = 0,05 dan angka t test = 31,684 > t tabel = 1,661.  Kemudahan teknologi berpengaruh positif terhadap kepercayaan nasabah yang dapat dilihat dari angka signifikansi sebesar 0,000 < a = 0,05 dan angka t test = 35,738 > t tabel = 1,661. Kemudahan teknologi berpengaruh positif terhadap keputusan menggunakan E-Banking yang dapat dilihat dari angka signifikansi sebesar 0,000 < a = 0,05 dan angka t test = 28,490 > t tabel = 1,661. Minat nasabah berpengaruh positif terhadap keputusan menggunakan E-Banking yang dapat dilihat dari angka signifikansi sebesar 0,000 < a = 0,05 dan angka t test = 42,141 > t tabel = 1,661.

Kepercayaan nasabah berpengaruh positif terhadap keputusan menggunakan E-Banking yang dapat dilihat dari angka signifikansi sebesar 0,000 < a = 0,05 dan angka t test = 45,695 > t tabel = 1,661. Kemudahan teknologi berpengaruh positif terhadap keputusan menggunakan E-Banking dengan minat nasabah sebagai mediasi yang dapat dilihat dari angka signifikansi sebesar 0,000 < a = 0,05 dan angka t test = 5,177 > t tabel = 1,661. Kemudahan teknologi berpengaruh positif terhadap keputusan menggunakan E-Banking dengan kepercayaan nasabah sebagai mediasi yang dapat dilihat dari angka signifikansi sebesar 0,000 < a = 0,05 dan angka t test = 7,070 > t tabel = 1,661.

 

Kata kunci : Kemudahan, keputusan menggunakan E-Banking, minat nasabah dan kepercayaan


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v18i4.2847

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ahmad Sahri Romadon, Risma Nurhapsari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats  ..

SOLUSI
Published by :
Fakultas Ekonomi , Universitas Semarang 
Soekarno Hatta Street, Tlogosari Kulon, Pedurungan
Semarang City, Central Java - Indonesia
P-ISSN : 1412-5331  
E-ISSN : 2716-2532
Email : solusi@usm.ac.id