PENGARUH MOTIVASI INTRINSIK, MOTIVASI EKSTRINSIK, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA AGEN ASURANSI PRUDENTIAL (Studi Kasus pada Kantor Pemasaran Mandiri Pru Prioritas Semarang)

Ferronica Eghty Atmaja, Dwi Widi Pratito Sri Nugroho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh motivasi intrinsik, motivasi ekstrinsik, dan disiplin kerja terhadap prestasi kerja Agen Asuransi Prudential (Studi kasus pada Kantor Pemasaran Mandiri Pru Prioritas Semarang). Data diperoleh melalui survei dengan menyebarkan kuesioner pada 32 Agen Asuransi Prudential. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik pengambilan sampel secara insidental. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan analisis deskriptif, uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan bantuan program komputer SPSS versi 22.0. Hasil analisis pengujian hipotesis menunjukkan bahwa koefisien determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,617 (61,7%) yang berarti ketiga variabel independen berpengaruh terhadap prestasi kerja agen asuransi Prudential, dan sisanya 0,383 (38,3%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Secara parsial variabel motivasi intrinsik berpengaruh positif dan signifikan, sedangkan untuk variabel motivasi ekstrinsik berpengaruh positif tetapi tidak signifikan, serta untuk variabel disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja Agen Asuransi Prudential.

Kata Kunci: Motivasi Intrinsik, Motivasi Ekstrinsik, Disiplin Kerja, Prestasi Kerja

 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v15i2.2041

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats  SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.