KEMAMPUAN LABA, PIUTANG, PERSEDIAAN, BIAYA ADMINISTRASI DAN PENJUALAN, RASIO LABA KOTOR, CURRENT RASIO DAN RETURN ON ASSET UNTUK MEMPREDIKSI PERUBAHAN LABA DI MASA DEPAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BEI TAHUN 2003-2007)

Desy Wulan Sari, Ardiani lka S

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kinerja keuangan terhadap perubahan laba perusahaan manufaktur, sedangkan rasio keuangan yang dianalisis adalah laba, piutang, persediaan, biaya administrasi dan penjualan, rasio laba kotor terhadap penjualan, Current rasio (CR), dan Return On Asset (ROA).

Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 58 perusahaan manufaktur di BEJ dan mempublikasikan laporan keuangan lengkap selama tahun 2003-2007. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa laba, persediaan dan rasio laba kotor terhadap penjualan berpengaruh signifikan terhadap perubahan laba satu tahun ke depan. Sedangkan yang tidak berpengaruh signifikan terhadap perubahan laba adalah piutang, biaya administrasi dan penjualan, CR dan ROA. Nilai koefisien determinasi yang diperoleh adalah sebesar 10,9%.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v8i3.1955

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats  ..

SOLUSI: Journal of business and economic
Published by :
Fakultas Ekonomi , Universitas Semarang 
Soekarno Hatta Street, Tlogosari Kulon, Pedurungan
Semarang City, Central Java - Indonesia
P-ISSN : 1412-5331  
E-ISSN : 2716-2532
Email : solusi@usm.ac.id