Model Project Based Learning terhadap Learning Plateau Mata Pelajaran Lintas Minat Era Merdeka Belajar

Ulik Arlina, Suroso Suroso, Muhammad Farid, IGAA Noviekayati

Abstract


Model pembelajaran di era merdeka belajar adalah Project Based Learning (PjBL) fokus pada proyek dan melibatkan siswa secara aktif. Pembelajaran lintas minat perlu diwaspadai ditambah tugas yang berlebih (courseload) sehingga merasa jenuh. Tujuan penelitiannya untuk mengetahui pengaruh PjBL terhadap Learning Plateau mata pelajaran lintas minat era merdeka belajar. Desain penelitian adalah eksperimen Posttest Only Design. Populasinya 4 kelas XI IPS dengan jumlah 124 siswa. Sampelnya secara cluster random sampling, berjumlah 62 siswa. Instrumen adalah skala Learning Plateau. Hasil Uji Hipotesis menunjukkan ada perbedaan signifikan Learning Plateau antara eksperimen dengan kontrol. Memiliki pengaruh Model PjBL terhadap Learning Plateau sebesar 5,99%. Learning Plateau Eksperimen lebih rendah daripada kontrol, menunjukkan hipotesis penelitian terbukti/diterima. Uji Mann Whitney U Test, menunjukkan ada perbedaan signifikan prestasi belajar Fisika antara eksperimen dengan kontrol. Nilai Fisika eksperimen lebih tinggi dari kontrol, artinya Model PjBL berpengaruh terhadap prestasi belajar Fisika siswa.
Kata kunci: Kejenuhan Belajar, Model Project Based Learning, Lintas Minat


Full Text:

PDF

References


Adam, B. (2013) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Menggunakan Media Sketchup pada Mata Pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung Kelas XI di SMK Negeri 2 Bojonegoro. Universitas Negeri Surabaya.

Aditama, A. (2016) Personality Psychology & Theory , The English Press.

Afifah, S. (2019) Pengaruh Kejenuhan Belajar dan Interaksi Sosial Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Dengan Sistem Pesantren Modern , Jurnal Psikoborneo, 7, pp. 527 532.

Agustin, M. (2008) Model Konseling Kognitif Perilaku untuk Menangani Kejenuhan Belajar Mahasiswa. Universitas Pendidikan Indonesia.

Agustin, M. (2011) Permasalahan Belajar dan Inovasi Pembelajaran. Bandung: Refika.

Agustina, P. (2019) Analisis Faktor Penyebab Terjadinya Kejenuhan Belajar pada Siswa dan Usaha Guru BK untuk Mengatasinya , Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 4, pp. 96 102.

Ainia, D.K. (2020) Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter , Jurnal Filsafat Indonesia, 3, pp. 95 101.

Albasith, R. and Dahlan, D.N. (2020) Upaya Guru Mengatasi Kejenuhan Belajar Fikih Pada Siswa di Madrasah Tsanawiyyah Antasari Samarinda Tahun Ajaran 2019-2020 , Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (JTIK) Borneo, I(2).

Alwisol (2012) Psikologi Kepribadian. Malang: UMM.

Amrulloh, R.. (2021) Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MIN 16 Magetan Pada Masa Pandemi Covid-19. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Andi, H.T. (2010) Belajar Secara Efektif. Jakarta: Penebar Swadaya.

Azizah, N. (2008) Pengaruh Metode Proyek trehadap hasil Belajar Biologi Siswa kelas X pada Konsep Pencemaran Lingkungan. UIN Syarif Hidayatullah. Available at: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/10141 (Accessed: 7 April 2022).

Azizan, N. and Tanjung, R. (2020) Pengaruh Model PjBL terhadap hasil Belajar Murid pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah , Jurnal Darul Ilmi. , 08, pp. 115 132.

Azwar, S. (2000) Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2012) Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2015a) Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2015b) Validitas & Reliabilitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Backović, D. V et al. (2012) GENDER DIFFERENCES IN ACADEMIC STRESS AND BURNOUT AMONG MEDICAL STUDENTS IN FINAL YEARS OF EDUCATION, Psychiatria Danubina.

Brown, C. (2015) The Correlation between Introversion-Extroversion and Measures of Happiness. Available at: https://repository.wellesley.edu/thesiscollection.

Capraro, R.M. and Capraro, M.M. (2016) Myers-Briggs Type Indicator Score Reliability Across: Studies a Meta-Analytic Reliability Generalization Study :, http://dx.doi.org/10.1177/0013164402062004004, 62(4), pp. 590 602. Available at: https://doi.org/10.1177/0013164402062004004.

Cherniss, C. (1980) Staff Burnout - Job Stress in the Human Services , London Sage Publications [Preprint]. Available at: https://www.scirp.org/(S(351jmbntvnsjt1aadkposzje))/reference/ReferencesPapers.aspx?ReferenceID=1343375 (Accessed: 6 July 2022).

Christian, Y.A. (2021) Meta Analisis Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar , EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), pp. 2271 2278. Available at: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1207.

Deni, S.R. (2012) Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Kejenuhan Belajar , 11 January. Available at: http://srirahmadeni.blogspot.com/2012/01/faktor-penyebab-dan-cara-mengatasi.html (Accessed: 1 July 2022).

Desmita (2016) Perkembangan Peserta Didik : Panduan bagi Orang Tua dan Guru dalam Memahami Psikologi anak Usia SD, SMP, dan SMA. 5th edn. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Diaz, R. and Zulkaida, A. (2007) Hubungan Antara Burnout dengan motivasi Berprestasi Akademis pada Mahasiswa yang Bekerja. Universitas Gunadarma.

Djamarah, S.B. (2011) Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Endah, G. (2013) TRANSFER BELAJAR, LUPA DAN JENUH BELAJAR. Available at: http://gustinaendah.blogspot.com/2013/12/transfer-belajar-lupa-dan-jenuh-belajar.html (Accessed: 6 May 2022).

Erwin (2012) Dampak Kejenuhan Belajar Bagi Siswa, Wawasan BK. Available at: http://wawasanbk.blogspot.com/2012/10/dampak-kejenuhan-belajar-bagi-siswa.html (Accessed: 6 May 2022).

Fatimah, E. (2008) Psikologi Perkembangan: Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Pustaka Setia.

Fatmawati (2018) Hubungan Antara Kejenuhan Belajar dengan Stres Akademik Pada Siswa-siswi Full Day School di SMPN 2 Samarinda , Jurnal Psikoborneo, 6(4), pp. 704 712.

Fauziah, C. (2021) Implementasi Model Project Based Learning Pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Berbasis E-Learning Di Kelas IPS Selama Masa Pandemik Covid-19. Universitas Pacasakti Tegal.

Fauziah, N. (2013) Faktor Penyebab Kejenuhan Belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Pada Siswa Kelas XI Jurusan Keagamaan di MAN Tempel Sleman , Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10, pp. 99 108.

Fitriani (2015) Analisis Kejenuhan Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Kelas V MI Pembangunan UIN Jakarta. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Fitrotin, K. (2017) Hubungan Antara Motivasi Berprestasi dan Dukungan Sosial Orang Tua dengan Kejenuhan Belajar Siswa. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Guci, A.F.D.I. and Dkk (2017) Hubungan Learning Plateau Dan Prestasi Belajar Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas VI Yang Mengikuti Sekolah Malam , Jurnal RAP UNP, 8, pp. 123 134.

Hadi, S. (2000) Metodologi Research. Yogyakarta : Yayasan penerbitan Fakultas psikologi U.G.M.

Harahap, J. (2017) Analisis Faktor Faktor Penyebab Kejenuhan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPS Kelas VIII D SMPN 7 Muaro Jambi. Universitas Jambi.

Hardiyanti, R. (2013) BURNOUT DITINJAU DARI BIG FIVE FACTORS PERSONALITY PADA KARYAWAN KANTOR POS PUSAT MALANG , 1(2), p. 343. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jipt.v1i2.1587.

Hardiyanto, E. (2009) Kejenuhan Belajar dan Cara Mengatasinya. Studi terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Tarikh di SMP Muhammadiyah 3 Depok. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Hidayat, M.Y. (2016) Pengaruh Slow Learner dan Kejenuhan Belajar Terhadap Kesulitan Belajar Fisika Siswa MTS Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa , Jurnal Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 5(2), pp. 332 341.

Hidayati, I. (2014) Hubungan Antara Burnout dengan motivasi Berprestasi Akademis pada Mahasiswa yang Bekerja. Universitas Medan Area.

Khusumawati, Z.E. and Christiana, E. (2015) PENERAPAN KOMBINASI ANTARA TEKNIK RELAKSASI DAN SELF-INSTRUCTION UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 22 SURABAYA , Jurnal BK Unesa, 05(01), pp. 1 10. Available at: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/9933/9727 (Accessed: 7 May 2022).

Kış, A. (2014) Marital status differences in burnout among educational stakeholders: A meta-analysis , Journal of Human Sciences, 11(2), pp. 543 558. Available at: https://www.j-humansciences.com/ojs/index.php/IJHS/article/view/2922 (Accessed: 5 June 2022).

Makmun, A. (2000) Psikologi Kependidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Mashitoh, N.L.D. (2018) EKSPERIMEN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA . UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

Minarrohman, A. (2018) Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VII SMP Muhammadiyah Pakem Sleman. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Nahak, H. (2017) Tingkat kejenuhan belajar mahasiswa (studi deskriptif pada mahasiswa angkatan 2013 program studi Bimbingan dan Konseling Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Sanata Dharma University.

Nurfitriyanti, M. (2016) Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika , Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2), pp. 149 160. Available at: https://doi.org/10.30998/FORMATIF.V6I2.950.

Pawicara, R. and Conilie, M. (2020) Analisis Pembelajaran Daring terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember di Tengah Pandemi Covid-19 , ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), pp. 29 38. Available at: https://doi.org/10.35719/ALVEOLI.V1I1.7.

Purwanto, A., Putri, D.H. and Hamdani, D. (2021) PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING MODEL UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH MAHASISWA DALAM RANGKA MENGHADAPI ERA MERDEKA BELAJAR , Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), pp. 25 34. Available at: https://doi.org/10.33369/JKF.4.1.25-34.

Putri, A.C. (2022) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2021/2022. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

Ratna Mayuni, K., Wayan Rati, N. and Putu Putrini Mahadewi, L. (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA , Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(2), pp. 183 193. Available at: https://doi.org/10.23887/JIPPG.V2I2.19186.

Rizki Khoirun Nisa, A. and Sri Nugraheni, A. (2021) Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam PJJ Terhadap Pemhaman Materi , Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 10(1), pp. 61 66. Available at: https://doi.org/10.35194/ALINEA.V10I1.1186.

Rohman, M.A. (2018) Kejenuhan Belajar Pada Siswa di Sekolah Dasar Full Day School. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Rozzaqyah, F. (2021) HUBUNGAN KEJENUHAN BELAJAR DALAM JARINGAN DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK , Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling, 8(1), pp. 8 17. Available at: https://doi.org/10.36706/JKK.V8I1.14373.

Salamah, U. (2015) KAJIAN TEORI TENTANG KEJENUHAN BELAJAR.

Sari, P., Kholidin, F.I. and Dewi Edmawati, M. (2020) TINGKAT KEJENUHAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KOTA BANDAR LAMPUNG , Journal of Guidance and Counseling Inspiration, 1(1), pp. 45 52. Available at: https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1938597 (Accessed: 9 June 2022).

Satrio, I.P.B.A., Ilfiandra and Agustin, M. (2020) Tendency for Learning Plateau: Literature Study in Grade Five at Bandung Regency Primary School , in Proceedings of the 3rd International Conference on Learning Innovation and Quality Education (ICLIQE 2019). Atlantis Press, pp. 252 257. Available at: https://doi.org/10.2991/ASSEHR.K.200129.033.

Sugara, G.S. (2011) EFEKTIVITAS TEKNIK SELF INSTRUCTION DALAM MENANGANI KEJENUHAN BELAJAR SISWA. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sugiyono (2017) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung : CV. Alfabeta.

Suhartini (2020) Project Based Learning, Trik Ampuh atasi Kebosanan PJJ , Jawa Pos Radar Semarang, 30 December. Available at: https://radarsemarang.jawapos.com/artikel/untukmu-guruku/2020/12/03/project-based-learning-trik-ampuh-atasi-kebosanan-pjj/ (Accessed: 7 July 2022).

Susanty, S. (2020) Inovasi Pembelajaran Daring dalam Merdeka Belajar , Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(2), pp. 157 166. Available at: https://doi.org/10.47492/jih.v9i2.289.

Trianto (2012) Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KPS). Jakarta: Bumi Aksara.

Utami, R.P., Probosari, R.M. and Fatmawati, U. (2015) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantu Intragram terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Surakarta , Bio-Pedagogi : Jurnal Pembelajaran Biologi, 4(1), pp. 47 52. Available at: https://doi.org/10.20961/BIO-PEDAGOGI.V4I1.5364.

Wibowo, P. (2020) Mengatasi Kejenuhan Siswa SD dalam Pembelajaran Daring dengan Metode PjBL Berbasis MIKIR , GURU BERBAGI, 19 November. Available at: https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/mengatasi-kejenuhan-siswa-dalam-pembelajaran-daring/ (Accessed: 5 June 2022).

Wicaksana, E.J. and Sanjaya, M.E. (2022) Model PjBL pada Era Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Kreativitas Mahasiswa Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran , Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), p. 193. Available at: https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.41181.

Widiyono, A., Irfana, S. and Firdausia, K. (2021) Implementasi Merdeka Belajar melalui Kampus Mengajar Perintis di Sekolah Dasar , Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 16(2). Available at: https://doi.org/10.17509/MD.V16I2.30125.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/philanthropy.v6i2.5365

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ulik Arlina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Philanthropy : Journal of Psychology Published by :
FACULTY OF PSYCHOLOGY
UNIVERSITAS SEMARANG 
Soekarno Hatta Street, Tlogosari Kulon, Pedurungan
Semarang City, Central Java - Indonesia
P-ISSN : 2580-6076
E-ISSN : 2580-8532
Email : filantropi@usm.ac.id
 
  
This work is licensed under a