Edukasi Literasi Digital untuk Meningkatkan Self Regulated Learning pada Mahasiswa
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah dengan adanya edukasi literasi digital dapat meningkatkan self regulated learning pada mahasiswa. Self regulated learning sangat penting dimiliki dalam proses pembelajaran, dimana dengan self regulated yang tinggi mahasiswa dapat membangun kebiasaan belajar yang lebih baik dan meningkatkan kemampuan belajar mereka untuk menilai kemajuan akademiknya. Dengan adanya literasi digital dapat berguna untuk meningkatkan kemampuan menggunakan self regulated learning mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian eksperimen ini adalah One Group Pretes-Posttest Design. Subjek penelitian yang digunakan ialah mahasiswa psikologi semester 4 sebanyak 30 partisipan dengan usia 19 21 tahun. Kriteria yang dimiliki yakni mahasiswa aktif angkatan 2020 serta bersedia terlibat dalam penelitian. Berdasarkan hasil proses analisis data yang dilakukan didapatkan hasil bahwa terdapat perbedaan pada mahasiswa sebelum edukasi literasi digital dan sesudah edukasi literasi digital dalam meningkatkan self regulated learning pada mahasiswa.
Kata kunci: Literasi Digital, Self Regulated Learning, Mahasiswa
Full Text:
PDFReferences
Akbar, M. F., & Anggraeni, F. D. (2017). Teknologi dalam Pendidikan : Literasi Digital dan Self-Directed Learning pada Mahasiswa Skripsi. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(1), 28 38. https://doi.org/10.23917/indigenous.v1i1.4458
Azhary, D. A., & Nuranti, G. (2021). Pengaruh Self Regulated Learning Berbasis Literasi Digital Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa ( The influence of Self-regulated learning based digilat literacy to emotional intelegence ). Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 7, 1 10.
Belshaw, D. A. J. (2011). What id Digital Literacy ?
Blayone, T. (2018). Reexamining Digital-Learning Readiness in Higher Education: Positioning Digital Competencies as Key Factors and a Profile Application as a Readiness Tool. International Journal on E-Learning, 17(4), 425 451.
Grahani, F. O., & Mardiyanti, R. (2019). Self Regulated Learning (SRL) Pada Mahasiswa Ditinjau Dari Keikutsertaan Dalam Organisasi. Jurnal Psikologi : Media Ilmiah Psikologi, 17(2), 48 53.
Hague, C., & Payton, S. (2010). Digital Literacy Across the Curriculum. Futurelab.
Hardhito, R., & Leonardi, T. (2016). Gambaran Self-Regulated Learning pada Mahasiswa yang Tidak Menyelesaikan Skripsi dalam Waktu Satu Semester di Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 5(1), 1 11.
Husna, A. N., Yuliani, D., Rachmawati, T., Anggraini, D. E., Anwar, R., & Utomo, R. (2021). Program Literasi Digital untuk Pengembangan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial di Desa Sedayu, Muntilan, Magelang. Community Empowerment, 6(2), 156 166. https://doi.org/10.31603/ce.4259
Kajin, S. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif di MTs N Mojosari dan MTs N Sooko Mojokerto. PROGRESSA : Journal of Islamic Religious Instruction, 2(1), 133 142.
Muasyaroh, H., & Royanto, L. R. M. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19: Peran Literasi Digital dan Task Value Terhadap Self-Regulated Learning Mahasiswa. Jurnal Psikologi Ulayat : Indonesian Journal of Indigenous Psychology, 8(2), 247 265. https://doi.org/10.24854/jpu172
Murray, M. C., & Perez, J. (2014). Unraveling The Digital Literacy Paradox: How Higher Education Fails at The Fourth Literacy. Issues in Informing Science and Information Technology, 11, 85 100. http://digitalcommons.kennesaw.edu/facpubs
Nahdi, D. S. (2021). Cognitive Style dan Self-Regulated Learning Siswa dalam E-Learning Serta Hubungannya dengan Kemampuan Literasi Digital Dede. 765 773.
Nurjanah, E., Rusmana, A., & Yanto, A. (2017). Hubungan Literasi Digital dengan Kualitas Penggunaan E-Resources. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 3(2), 117 140. https://doi.org/10.14710/lenpust.v3i2.16737
Nuryanti, R. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Bilangan Romawi bagi Siswa Tunarungu Kelas IV SDLB. Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus, 20(1), 40 51. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/21734
Pintrich, P. R. (2000). The Role of Goal Orientation in Self-Regulated Learning. Academic Press.
Pintrich, P. R., & De Groot, E. V. (1990). Motivational and Self-Regulated Learning Components Of Classroom Academic Performance. Journal of Educational Psychology, 82(1), 33.
Prasetyo, Y. B., Hadi, S., & Partono, P. (2022). Pengaruh Self Regulated Learning dan Literasi Informasi Digital Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Pendidikan Teknik Otomotif. Jurnal Teknik Otomotif : Kajian Keilmuan Dan Pengajaran, 4(1), 47. https://doi.org/10.17977/um074v4i12020p47-52
Setyowati, P., & Rochmawati. (2021). Pengaruh Pengantar Akuntansi , Literasi Digital , dan Self-Regulated Learning Terhadap Keberhasilan Pembelajaran Akuntansi Keuangan Berbasis Daring. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 9(2), 1 9.
Sudyana, D. K., & Surawati, N. M. (2021). Analisis Penerapan Literasi Digital dalam Menciptakan Kemandirian Belajar Siswa Hindu di Masa Pandemi Covid 19. Widyanatya, 3(1), 1 5.
Ulum, M. I. (2016). Strategi Self-Regulated Learning untuk Menurunkan Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(2), 153 170. https://doi.org/10.15575/psy.v3i2.1107
Wahyuni, A., Sari, N. K., & Sutrisno, T. (2021). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri 02 Ngadiluwih Kecamatan Matesih Kabupaten Karangayar Tahun Pelajaran 2020/2021. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 118 124.
Yani, N. F., Wulandari, S. Z., & Naufalin, L. R. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Self Regulated Learning terhadap Literasi Digital Siswa SMA Negeri 2 Purwokerto. Business and Accounting Education Journal, 2(2), 139 146. https://doi.org/10.15294/baej.v2i2.53405
Zimmerman, B. J., & Martinez-Pons, M. (1990). Students Differences in SelfRegulated Learning: Relating Grade, S ex, and Giftedness to Self-Efficacy and Strategy Use. Journal of Educational Psychology, 82(1), 51 59.
DOI: http://dx.doi.org/10.26623/philanthropy.v6i2.5299
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Rida Ayu Sestiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.