Penerapan Komputasi Alat Ukur Kemampuan Calon Mahasiswa Baru dalam Proses Pemilihan Program Studi

Safitri Jaya, Theofilus Handoyo, Aries Yulianto

Abstract


Memasuki era industri 4.0, peran teknologi diberbagai bidang seolah menjadi primadona dalam proses pengambilan keputusan. Teknologi dipercaya mampu menghadirkan percepatan dan ketepatan dalam menghasilkan informasi. Salah satu pemanfaatan teknologi yang sangat dinamis dapat dijumpai dalam bidang pendidikan, yaitu dalam hal pemilihan program studi. Umumnya calon mahasiswa baru sulit untuk menetapkan sebuah pilihan yang benar-benar sesuai dengan kemampuan dirinya. Pilihan selalunya dipengaruhi oleh faktor dari dalam maupun dari luar diri. Hal ini tentunya tidak selalu mendatangkan keuntungan bagi calon mahasiswa tersebut. Banyak dijumpai mahasiswa yang putus studi ditengah jalan akibat tidak mampu mengikuti atau memperoleh capaian akademik yang baik. Penelitian ini mencoba untuk melakukan pendekatan serta pengukuran terhadap kemampuan mahasiswa melalui tes minat dan kepribadian. Instrumen pengukuran menggunakan model Holland dan Big Five Personality. Pengembangan aplikasi menggunakan metode Sequential Linear. Pemodelan tersebut akan dikonversikan kedalam bentuk komputasi pintar sehingga diharapkan dapat menghasilkan sebuah rekomendasi keputusan terhadap kesesuaian antara minat dan kepribadian dengan pilihan program studi yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh calon mahasiswa baru.

Kata kunci: pilihan program studi, kemampuan mahasiswa, tes minat, tes kepribadian


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/philanthropy.v5i2.4336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Safitri Jaya



Philanthropy : Journal of Psychology Published by :
FACULTY OF PSYCHOLOGY
UNIVERSITAS SEMARANG 
Soekarno Hatta Street, Tlogosari Kulon, Pedurungan
Semarang City, Central Java - Indonesia
P-ISSN : 2580-6076
E-ISSN : 2580-8532
Email : filantropi@usm.ac.id
 
  
This work is licensed under a