Pengaruh Kontrol Diri dan Dukungan Sosial Orang Tua terhadap Kedisiplinan pada Siswa SMK Dengan Motivasi Belajar sebagai Variabel Intervening

Umi Farida Febriani, Rini Sugiarti

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh kontrol diri terhadap kedisiplinan pada siswa SMK, 2) mengetahui pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap kedisiplinan pada siswa SMK, 3) mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap kedisiplinan pada siswa SMK, 4) mengetahui pengaruh kontrol diri terhadap kedisiplinan melalui motivasi belajar pada siswa SMK, 5) mengetahui pengaruh   dukungan sosial orang tua terhadap kedisiplinan melalui motivasi belajar pada siswa SMK. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 88 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik studi populasi. Analisis data menggunakan analisis jalur dengan menggunakan program SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan 1) ada pengaruh positif kontrol diri terhadap kedisiplinan pada siswa SMK dengan p= 0,021 dimana p<0,05, 2) ada pengaruh posistif dukungan sosial orang tua terhadap kedisiplinan pada siswa SMK dengan p= 0,037 dimana p<0,05, 3) ada pengaruh positif motivasi belajar terhadap kedisiplinan siswa SMK dengan p=0,001 dimana p<0,005, 4) ada pengaruh posistif kontrol diri terhadap kedisiplinan melalui motivasi belajar pada siswa SMK dengan p= 0,014   dimana p<0,05, 5) ada pengaruh positif dukungan sosial orang tua terhadap kedisiplinan pada siswa SMK dengan p= 0,003 dimana p<0,05.

Kata kunci : kedisiplinan, kontrol diri, dukungaan sosial orang tua, motivasi belajar, siswa


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/philanthropy.v5i1.3302

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Umi Farida Febriani



Philanthropy : Journal of Psychology Published by :
FACULTY OF PSYCHOLOGY
UNIVERSITAS SEMARANG 
Soekarno Hatta Street, Tlogosari Kulon, Pedurungan
Semarang City, Central Java - Indonesia
P-ISSN : 2580-6076
E-ISSN : 2580-8532
Email : filantropi@usm.ac.id
 
  
This work is licensed under a