Stres Akademik yang dimediasi Penyesuaian Diri Mahasiswa Keperawatan pada Pembelajaran Klinik secara Online

Nofita Veronika, Rini Sugiarti

Abstract


Abstrak.Perubahan dunia pendidikan sebagai dampak pandemi memicu adanya perubahan metode pembelajaran yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial terhadap stres akademik dan apakah penyesusian diri dapat memediasi pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial terhadap stres akademik mahasiswa keperawatan yang melaksanakan pembelajaran klinik secara online. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 196 Mahasiswa, penelitian ini menggunakan Teknik analisis data yang digunakan adalah model persamaan struktural dengan pendekatan berbasis komponen varians atau yang dikenal dengan Partial Least Square. Metode pengumpulan data menggunakan skala, yaitu stres akademik, skala penyesuaian diri, skala efikasi diri dan skala dukungan sosial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial terhadap stres akademik disamping itu penelitian ini membuktikan bahwa penyesusian diri memediasi pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial terhadap stres akadmik mahasiswa keperawatan yang melaksanakan pembelajaran klinik secara online.

Kata Kunci : Stres akademik, Penyesuaian Diri, Efikasi Diri, Dukungan Sosial


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/philanthropy.v5i1.3301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 nofita veronika, Rini Sugiarti



Philanthropy : Journal of Psychology Published by :
FACULTY OF PSYCHOLOGY
UNIVERSITAS SEMARANG 
Soekarno Hatta Street, Tlogosari Kulon, Pedurungan
Semarang City, Central Java - Indonesia
P-ISSN : 2580-6076
E-ISSN : 2580-8532
Email : filantropi@usm.ac.id
 
  
This work is licensed under a