Peningkatan Minat Belajar Siswa dengan Layanan Bimbingan Kelompok

Evi Soekarno Putri, Rizal Adicita

Abstract


Siswa kelas VIII B di SMP NU Tegal Semester 2 Tahun Ajaran 2015/2016 menunjukan adanya permasalahan pada sebagian siswa yaitu permasalahan minat belajar yang rendah. Sebagian besar siswa kelas VIII B banyak yang diam, tidak berani,   pasif, merasa malu, kurang percaya diri, takut kalau pendapatnya salah, aktivitas siswa dalam mengikuti proses pembelajaran ada yang ramai sendiri, mengantuk, tidak pernah bertanya meskipun belum jelas, sering gelisah jika ada pertanyaan dari guru, sering ijin ke belakang dan sering terlambat. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan minat belajar siswa. Metode yang digunakan menggunakan pendekatan kuantitatif   yaitu penelitian tindakan kelas.   Responden dalam penelitian ini adalah   siswa   SMP NU Tegal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok meningkatkan minat belajar siswa


Keywords


Siswa;Minat Belajar;Bimbingan Kelompok

Full Text:

PDF

References


Silalahi, U. (2002). Bimbingan Kelompok, Bandung : Mandar Maju

Simamora, H. (2002). Etika Bimbingan Kelompok ed III.Yogyakarta: STIE YKPN

Sugiharto, DYP. (2001). Prosedur Bimbingan Kelompok. Laporan Penelitian. Semarang: Lemhit UNNES

Sugiyo. (2008). Bimbingan dan Konseling Kelompok. Disertasi PPS

Sugiyono. (2005). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Suparno. (2007). Minat Belajar Siswa. Semarang: PPS

Samsudin, S. (2009), Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka Setia,

Sardiman, A.M. (1990). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Scott, W.B. (1971). Relation in Management : A Beha-vioral Science Appoarch, Illinois: Homewood

Sedarmayanti. (2001). Sumber Daya manusia dan Produktivitas Kerj. Bandung: Mandar Maju.

Simamora, H. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Penerbit STIE YKPN

Singarimbun, M. (1995). Metodologi Penelitian Survey. Jakarta : LP3ES

Sudjana. (1996.) Metode Statistika, Bandung : Tarsito.

Sukamto. (2009). dkk Pengembangan Profesi Konselor Secara Berkesinambungan Sebagai Strategi Nasional Pendukung Sertifikasi Konselor. Yogyakarta : UNY

Suryabrata, S. (1998). Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo

_______. (1983). Metodologi Penelitian. Jakarta: CV Rajawali




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/philanthropy.v2i2.1152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PHILANTHROPY: Journal of Psychology



Philanthropy : Journal of Psychology Published by :
FACULTY OF PSYCHOLOGY
UNIVERSITAS SEMARANG 
Soekarno Hatta Street, Tlogosari Kulon, Pedurungan
Semarang City, Central Java - Indonesia
P-ISSN : 2580-6076
E-ISSN : 2580-8532
Email : filantropi@usm.ac.id
 
  
This work is licensed under a