APLIKASI AUGMENTED REALITY PEMBELAJARAN PENGENALAN WAYANG KULIT BERBASIS ANDROID DENGAN IMPLEMENTASI ALGORITMA LINEAR CONGRUENT METHOD
Abstract
Pengenalan tokoh wayang kepada siswa sekolah dasar sedikit sulit untuk dilakukan, dikarenakan siswa kurang tertarik dengan cerita dan tokoh wayang itu sendiri. Salah satu perkembangan teknologi dalam bidang pendidikan yaitu teknologi Augmented Reality (AR) yang mana dapat dimanfaatkan untuk media pembelajaran berbasis multimedia. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan sebuah aplikasi pembelajaran pengenalan wayang kulit berbasis multimedia dengan teknologi Augmented Reality (AR). Dalam aplikasi pembelajaran pengenalan wayang kulit ini juga menerapkan algoritma Linear Congruent Method (LCM) sebagai metode pengacakan soal. Pengujian pertama adalah pengujian blackbox yang diperoleh persentase 100% yang artinya aplikasi layak digunakan dan berjalan sesuai fungsionalnya. Pengujian kedua yaitu whitebox diperoleh cyclomatic complexity sebesar 4, karena kurang dari 10 maka dapat dikategorikan dalam algoritma yang tidak kompleks. Pengujian ketiga adalah user acceptance test untuk guru memperoleh persentase 88% untuk aspek desain, 92% untuk aspek informasi aplikasi dan 90% untuk materi. Pengujian keempat adalah kompatibilitas aplikasi, tidak ada error yang terjadi saat aplikasi dijalankan pada beberapa versi android yang berbeda. Saran yang dapat disampaikan adalah aplikasi dapat dikembangkan lagi ke sistem operasi windows dan sistem operasi
IOS agar bisa diinstall di berbagai platform.
Kata Kunci : Wayang Kulit, Media Pembelajaran, Augmented Reality(AR), Linear Congruent Methode (LCM)
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aulia Fithria Nurlaila, Heri Suwignyo, and Punadji Setyosari, "Pengembangan Multimedia Untuk Pengenalan
Tokoh Wayang dalam Pembelajaran Bahasa Jawa," Jurnal Pendidikan, vol. 1, no. 7, pp. 1427-1431, 2016.
Rizqi Mauludin, Anggi Srimurdianti Sukamto, and Hafiz Muhardi, "Penerapan Augmented Reality Sebagai
Media Pembelajran Sistem Pencernaan Pada Manusia Dalam Mata Pelajaran Biologi," Jurnal Edukasi dan
Penelitian Informatika (JEPIN), vol. 3, no. 2, pp. 117-123, 2017.
Ade Hendini, "Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang (Studi Kasus :
Distro Zhezha Pontianak)," Jurnal Khatulistiwa Informatika, vol. IV, no. 2, pp. 107-116, 2016.
Tri A. Kurniawan, "Pemodelan Use Case (UML): Evaluasi Terhadap Beberapa Kesalahan Dalam Praktik,"
Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer(JTIIK), pp. 1-11, 2017.
Suendri, "Implementasi Diagram UML(Unified Modelling Language) Pada Perancangan Informasi
Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle," Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, pp. 1-9, 2018.
Yunahar Heriyanto, "Perancangan Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web Pada PT. APM RENT CAR,"
Jurnal Intra-Tech, pp. 1-14, 20
DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jprt.v17i2.4326
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Penerbit
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang
Alamat Redaksi:
Jl.Soekarno-Hatta, Tlogosari, Semarang, Jawa Teangah, Indonesia 50196 Telp: 024-6702757 psw: 8302 Fax: 024-6702272 e-mail: jprt@usm.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.