Analisis Barang Outbound Di Warehouse Dengan Metode Association Rules Market Basket Analysis Di Pt Indosat Ooredoo Hutchison Gombel

Mifthahul Pratama Weulartafella, Nurtriana Hidayati

Abstract


PT Indosat Ooredoo Hutchison Gombel merupakan salah satu perusahaan penyedia jasa telekomunikasi dan jaringan di Indonesia. Perusahaan ini berada di Jl. Bukit Raya, Kelurahan Ngesrep, Kecamatan Banyumanik Kota Semarang. PT Indosat Ooredoo Hutchison Gombel ini memiliki barang gudang yang digunakan untuk disewakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan metode Association Rules Market Basket Analysis dalam menentukan barang keluar secara bersamaan tiap bulannya berdasarkan Rules yang terbentuk dengan menggunakan metode MBA di gudang PT. Indosat Ooredoo Hutchison Gombel dengan menggunakan Google Collab. dan menganalisis barang yang keluar untuk diusulkan pada PT. Indosat Ooredoo Hutchison Gombel. Market Basket Analysis (MBA) merupakan suatu metode analisis atas perilaku konsumen secara spesifik dari suatu golongan/kelompok tertentu. Hal ini berpengaruh bagi pihak PT. Indosat Ooredoo Hutchison Gombel untuk merencanakan pengadaan barang baru di masa depan agar dapat menyesuaikan dengan minat ataupun selera dari pelanggan mereka. Untuk Memenuhi Kebutuhan Tersebut, dilakukanlah pengembangan gudang data dilanjutkan proses analisis memanfaatkan algoritma apriori dalam bahasa pemrograman, Hasil dari penelitian, microwave dan connector memiliki support 50% sebagai barang yang sering keluar secara bersamaan dan network interface and module dan network devices (LAN/WAN) memiliki support 18% sebagai barang yang jarang keluar secara bersamaan .dari hasil ini dapat membantu pihak PT. Indosat Ooredoo Hutchison Gombel Untuk lebih efisien dalam melakukan pengadaan barang untuk inventori Gudang.

Full Text:

PDF

References


Choiriah, W., & Akmal, A. (2019). PENERAPAN DATA MINING

MENGGUNAKAN METODE

ASSICIATION RULE DENGAN

ALGORITMA APRIORI UNTUK

ANALISA POLA PENJUALAN

BARANG. JURTEKSI (Jurnal

Teknologi dan Sistem Informasi), 5(2),

JURNAL TRANSIT,

Volume [kosong], No.[kosong], [Juli 2023]: 1 - 5 5

-198.

Daryanti, P., & Shihab, M. S. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Dengan Menggunakan Konsep E-Servqual (Studi Kasus Pelanggan Shopee). Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI), 2(3), 120-127.

Gunadi, G., & Sensuse, D. I. (2016). Penerapan metode data mining market basket analysis terhadap data penjualan produk buku dengan menggunakan algoritma apriori dan frequent pattern growth (fp-growth): studi kasus percetakan pt. Gramedia. Telematika Mkom, 4(1), 118-132.

Indah, S. T. C. (2020). Analisis Pembelian Sayuran Menggunakan Metode Association Rule Market Basket Analysis (AR-MBA)(Studi Kasus pada Toko Sayur Keluarga).

Kurniawan, F., Umayah, B., Hammad, J., Nugroho, S. M. S., & Hariadi, M. (2018). Market Basket Analysis to identify customer behaviours by way of transaction data. Knowledge Engineering and Data Science, 1(1), 20.

Larose, D. T., & Larose, C. D. (2014). Discovering knowledge in data: an introduction to data mining (Vol. 4). John Wiley & Sons.

Mardi, Y. (2017). Data Mining: Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4. 5. Jurnal Edik Informatika Penelitian Bidang Komputer Sains dan Pendidikan Informatika, 2(2), 213-219.

Normasari, S., Kumadji, S., & Kusumawati, A. (2013). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, citra perusahaan dan loyalitas pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 6(2).

Pane, S. F., & Saputra, Y. A. (2020). Big Data: Classification Behavior Menggunakan Python (Vol. 1). Kreatif.

Purwadi, P., Ramadhan, PS, & Safitri, N. (2019). Aplikasi Data Mining untuk

Memperkirakan Laju Pertumbuhan Penduduk Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda di BPS Deli Serdang. Jurnal SAINTIKOM (Jurnal Manajemen Informatika dan Ilmu Komputer) , 18 (1), 55-61.

Riyadi, N., Mulki, M. F., & Susanto, R. (2019). Analysis of customers purchase patterns of e-commerce transactions using apriori algorithm and sales forecasting analysis with weighted moving average (WMA) method. Scientific Research Journal, 7(7), 45-58.

Tatiana, K., & Mikhail, M. (2018). Market basket analysis of heterogeneous data sources for recommendation system improvement. Procedia Computer Science, 136, 246-254.

Ulkhaq, M. M., & Barus, M. P. B. (2017). Analisis Kepuasan Pelanggan dengan Menggunakan SERVQUAL: Studi Kasus Layanan IndiHome PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk, Regional 1 Sumatera. Jurnal Sistem dan Manajemen Industri, 1(2), 61-67.

Zanuardi, A., & Suprayitno, H. (2018). Analisa karakteristik kecelakaan lalu lintas di jalan ahmad yani surabaya melalui pendekatan knowledge discovery in database. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas, 2(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jprt.v8i2.11372

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Penerbit

 

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang

Alamat Redaksi:

Jl.Soekarno-Hatta, Tlogosari, Semarang, Jawa Teangah, Indonesia 50196 Telp: 024-6702757 psw: 8302 Fax: 024-6702272 e-mail: jprt@usm.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.