Pemanfaatan Deep Learning Dalam Pembuatan Sistem Kecerdasan Buatan Pendeteksi Kantuk Menggunakan Streamlit (Utilization Of Deep Learning In Manufacturing Artificial Intelligence System For Detecting Drowsiness Using Streamlit)

Ericx Cahaya Pratama, Nurtriana Hidayati

Abstract


Faktor kelalaian pengemudi merupakan salah satu faktor yang paling sering menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Faktor ini disebabkan oleh seorang pengemudi yang mengalami rasa lelah saat berkendara. Kondisi lelah saat berkendara dapat menimbulkan berkurangnya tingkat kewaspadaan terhadap hal yang terjadi di jalan sehingga kelelahan dapat menyumbang lebih dari 25% penyebab dari faktor kecelakaan. Pada saat kondisi lelah ini juga terkadang pengemudi tanpa sadar sudah terlelap sepersekian detik atau sering disebut juga microsleep. Berkembanganya berbagai penelitian tentang kecerdasan buatan salah satunya object detecion, dapat membantu untuk mengklasifikasi dan mempelajari pola visual dari gambar mata pengemudi guna memprediksi apakah pengemudi dalam kondisi kantuk atau tidak. Dalam penelitian ini, Deep Learning telah diterapkan dengan sukses dalam pembuatan sistem deteksi kelelahan atau kantuk. Dalam pembuatan sistem ini menggunakan arsitektur Convolutional Neural Network (CNN) untuk mengklasifikasi mata pengemudi terbuka atau tertutup secara otomatis. Penulis menggunakan dataset sebanyak 96.000 gambar dengan 2 kelas objek yaitu mata terbuka dan mata tertutup. Hasil penelitian menunjukkan sistem deteksi objek menggunakan metode CNN dapat mengenali objek secara konsisten dengan akurasi 90% pada sebuah video real time yang dipasang pada dashboard mobil dengan jarak 30, 40 dan 50 Cm.

Kata Kunci : Artificial Intelligence, Sistem Pendeteksi Kantuk, CNN.

Keywords


Artificial Intelligence; Sistem Pendeteksi Kantuk;CNN;

Full Text:

PDF

References


Abidin, S. (2018). Deteksi Wajah menggunakan metode Haar Cascade Classifier Berbasis webcam PADA MATLAB. Jurnal Teknologi Elekterika, 15(1), 21. https://doi.org/10.31963/elekterika.v15i1.2102

Akbar, H., Aryani, D., & Junaedi, S. (2022). Deteksi kantuk Pengendara Mobil berbasis citra menggunakan Convolutional Neural Networks. INFORMATIKA, 10(1), 13–20. https://doi.org/10.36987/informatika.v10i1.2454

Justitian, E. R., Purbasari, I. Y., & Anggraeny, F. T. (2022). Perbandingan Akurasi Deteksi Kelelahan pada Pengendara Menggunakan yolov3-tiny Yolov4-Tiny. Jurnal Informatika Dan Sistem Informasi, 3(1), 21–30. https://doi.org/10.33005/jifosi.v3i1.440

Limantoro, S. E., Kristian, Y., & Purwanto, D. D. (2018). Pemanfaatan Deep Learning pada video dash cam untuk deteksi pengendara sepeda motor. Jurnal Nasional Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi (JNTETI), 7(2). https://doi.org/10.22146/jnteti.v7i2.419

Lu, D., & Yan, L. (2021). Face detection and recognition algorithm in digital image based on Computer Vision Sensor. Journal of Sensors, 2021, 1–16. https://doi.org/10.1155/2021/4796768

Maddula, S. (2021, November 4). The AI project cycle. Medium.com. https://suryamaddula.medium.com.com/the-ai-project-cycle-e363ce3f4f6f

Malimath, D., & Jain, K. (2016). Driver drowsiness detection system. Bonfring International Journal of Software Engineering and Soft Computing, 6(Special Issue), 58–63. https://doi.org/10.9756/bijsesc.8243

Ramadhani, N., Aulia, S., Suhartono, E., & Hadiyoso, S. (2021). Deteksi Kantuk Pada Pengemudi berdasarkan penginderaan wajah Menggunakan PCA Dan SVM. Jurnal Rekayasa Elektrika, 17(2). https://doi.org/10.17529/jre.v17i2.19884

Santoso, A., & Ariyanto, G. (2018). Implementasi Deep Learning Berbasis Keras Untuk Pengenalan Wajah. Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 18(1), 15–21. https://doi.org/10.23917/emitor.v18i01.6235

Saputra, C. Aj., Erwanto, D., & Rahayu, P. N. (2021). Deteksi Kantuk pengendara Roda Empat Menggunakan Haar cascade classifier Dan Convolutional Neural Network. JEECOM Journal of Electrical Engineering and Computer, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.33650/jeecom.v3i1.1510

Tang, X., Zhou, P., & Wang, P. (2016). Real-time image-based driver fatigue detection and monitoring system for monitoring driver vigilance. 2016 35th Chinese Control Conference (CCC). https://doi.org/10.1109/chicc.2016.7554007




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jprt.v8i2.11357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Penerbit

 

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang

Alamat Redaksi:

Jl.Soekarno-Hatta, Tlogosari, Semarang, Jawa Teangah, Indonesia 50196 Telp: 024-6702757 psw: 8302 Fax: 024-6702272 e-mail: jprt@usm.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.