ANALISIS DAYA DUKUNG LAHAN PERMUKIMAN KECAMATAN TAPANGO KABUPATEN POLEWALI MANDAR

Nurfatimah Nurfatimah

Abstract


Daya dukung lahan merupakan hal penting yang harus dipertimbangkan dalam perencanaan tata ruang wilayah, agar mampu mendukung aktivitas pemanfaatan lahan secara berkelanjutan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui daya dukung lahan permukiman di Kecamatan Tapango. Penelitian ini berdasarkan permasalahan luas lahan permukiman yang apabila telah optimal digunakan dalam penggunalan lahan permukiman di Kecamatan Tapango. Manfaat penelitian adalah untuk membantu memastikan bahwa pembangunan di kawasan permukiman dilakukan dengan bijaksana, berkelanjutan, dan memperhatikan kepentingan jangka panjang masyarakat dan lingkungan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei Tahun 2023 di Kecamatan Tapango Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei langsung. Penentuan lokasi penelitian berdasarkan kebutuhan lahan permukiman yang tinggi. Jenis data penelitian berupa data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data diantaranya yaitu metode wawancara, dokumentasi, observasi, dan studi dokumen. Metode penentuan sampel berupa metode proposional sampling. Analisis data pada penelitian ini berupa Analisis Daya Dukung Lahan (DDL). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai DDL Permukiman Kecamatan Tapango sebesar 78,84 jiwa. Kesimpulan dari penelitian yaitu daya dukung lahan permukiman Kecamatan Tapango rendah.

Keywords


Daya dukung, lahan, permukiman.

Full Text:

PDF

References


Aswad, W. O. (2023). "Analisis Kapasitas Daya Dukung dan Daya Tampung Lingkungan Hidup Kawasan Perkotaan Demak dengan Pendekatan Supply dan Demand.". Innovative: Journal Of Social Science Research.

Muta'ali, L. (2015). Teknik Analisis regional untuk perencanaan wilayah, tata ruang dan lingkungan. .

NURFIKASARI, M. F. (2023). ANALISIS DAYA DUKUNG DAN DAYA TAMPUNG PADA PERKEMBANGAN PERMUKIMAN KOTA MAGELANG. .

Putri, B. H. (2019). "Analisis Daya Dukung Lahan Permukiman di Kecamatan Padamara Kabupaten Purbalingga.". Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS X 2019.

Sari, P. P. (2021). ANALISIS DAYA DUKUNG & DAYA TAMPUNG LAHAN DI KECAMATAN GIRIAN KOTA BITUNG UNTUK PENGEMBANGAN PERMUKIMAN. 89-100.

Nilamsari, N. (2014). Memahami Studi Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif. Wacana, 177- 181.

Sumantri. (2015). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/ijsp.v4i2.7460

Refbacks



View My Stats