Analysis of The Effect of Service Quality, Product Quality, and Price on Customer Satisfaction on CV SMART
Abstract
This study aims to analyze the effect of service quality,product quality and price on customer satisfaction at Cv smart semarang. This research was conducted using quantitative methods. The number of research samples was 96 respondents who were consumers of cv smart semarang. The technique used in this study using purposive sampling technique. Quantitative analysis results include validity test,reliability test,classic assumption test (normality test,heteroscedasticity test and multicollinearity test), multiple linear regression test and the last hypothesis test using the T test, F test and the coefficient of determination (R2). The research results show that service quality, product quality and price have a positive and significant. With the following regression equation Y = 0,222 X1+0,284 X2+0,391 X3. And the magnitude of the coefficient of determination (R2) is 0,609 which means 60,9 percent of consumer satisfaction is influenced by service quality,product quality,and price.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asti, E., & Ayuningtyas, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(01), 1-14.
Familiar, K., & Maftukhah, I. (2015). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Management Analysis Journal, 4(4).
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Badan Penerbit: Universitas Diponegoro. Semarang.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Edisi ke tujuh. BPFE: Universitas Diponegoro. Semarang.
Imron, I. (2019). Analisa pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen menggunakan metode kuantitatif pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(1), 19-28.
Joko Bagio Santoso, J. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen (Studi Pada Konsumen Geprek Bensu Rawamangun).
Krisdayanto, I., Haryono, A. T., & Gagah, E. (2018). Analisis pengaruh harga, kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen di i cafe lina putra net bandungan. Journal of Management, 4(4).
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2016. Manajemen Pemasaran. Edisi ke 15, Jilid ke 1. Erlangga. Jakarta.
Lupiyoadi, R. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Edisi 3 Salemba Empat. Jakarta. dan A. Hamdani. 2009. Manajemen Pemasaran Jasa . Edisi 2. Salemba Empat. Jakarta.
Maramis, F. S., Sepang, J. L., & Soegoto, A. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Air Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3).
Mariansyah, A., & Syarif, A. (2020, September). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga terhadap kepuasan konsumen Cafe Kabalu. In SEMINAR EKONOMI DAN BISNIS GLOBAL (p. 140).
Putra, S. D., Sumowo, S., & Anwar, A. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Usaha Rumahan Kerupuk Ikan Super Besuki Situbondo). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 3(1).
Setyo, P. E. (2017). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen best autoworks. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1(6), 755-764.
Sukmawati, R. (2018). Pengaruh kualitas produk, harga, dan pelayanan terhadap kepuasan konsumen Garden Café koperasi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 7(2), 130-142.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta, CV. Bandung.
Santoso, I. 2016. Peran Kualitas Produk dan Layanan, Harga dan Atmosfer Rumah Makan
Cepat Saji terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen. Jurnal
Manajemen Teknologi 15 (1): 96-99.
Suryani. 2013. Perilaku Konsumen Di Era Internet: Implikasinya pada Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Graha Ilmu. Yogyakarta.
Saputra D. YAYASAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM RIAU UNIVERSITAS ISLAM RIAU Doni Saputra PROGRAM STUDI ILMU ADMINISTRASI BISNIS. Published online 2021.
DOI: http://dx.doi.org/10.26623/ebsj.v7i2.8004
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Economics and Business Solutions Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Economics and Business Solutions Journal
Published by :
Faculty of Economics, Semarang University
Soekarno Hatta Street, Tlogosari Kulon, Pedurungan
Semarang City, Central Java - Indonesia
P-ISSN : 2580-6084
E-ISSN : 2580-8079
Email : jseb@usm.ac.id